Refreshing Pengembangan Skenario Small Group Discussion (SGD)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Pada hari Selasa, 16 januari 2024 Fakultas Kedokteran Hewan mengadakan workshop pembuatan skenario Small Group Discussion (SGD). Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas skenario, yang menjadi pokok bahasan selama kegiatan SGD berlangsung. Pada kesempatan workshop kemarin, FKH mengundang Prof. dr. Gandes Retno Rahayu, M.Med.Ed., Ph.D., Direktur Direktorat Pendidikan dan Pengajaran (DPP) Universitas Gadjah Mada. Acara dimulai pukul 10.00 WIB dan diikuti oleh seluruh dosen FKH, dan dibuka oleh dekan FKH UGM, Prof. drh. Teguh Budipitojo, M.P., Ph.D.

Small Group Discussion sendiri sudah diadakan di FKH sejak tahun 2013. Ketika melakukan SGD, mahasiswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil. Mereka berlatih untuk berpikir kritis, menganalisis, dan menyampaikan pemecahan masalah.  Dalam pemaparan materinya, Prof. Gandes menjelaskan tentang strategi pengelolaan kelas SGD. Beliau juga membandingkan keadaan yang ideal (should) di dalam kelas, dan keadaan yang sebenernya terjadi di lapangan (reality).

Dalam workshop tersebut, diingatkan lagi tugas-tugas dan peran dosen yang menjadi fasilitator. Mereka berperan untuk memfasilitasi diskusi yang sehat, dan mandiri. Fasilitator diperbolehkan untuk menginterupsi diskusi mahasiswa untuk meluruskan misconception atau meminta klarifikasi lebih detal dari apa yang mahasiswa sampaikan. Dalam membuat skenario SGD, ada beberapa format dan jenis yang dapat diterapkan, yaitu format deskripsi, format video audio, format strategi, multi-level, dan study practice.

Diskusi berjalan aktif dengan banyaknya tanya jawab yang terjadi antara dosen dengan narasumber. Pertanyaan yang diajukan pun bermacam-macam, seputar keadaan mahasiswa selama mengikuti SGD, sampai dengan tips yang bisa dieterapkan di kelas dalam situasi tertentu. Workshop ini dijalankan sebelum semester genap 2023/2024. Dengan diadakannya workshop ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pertemuan-pertemuan SGD yang akan dilangsungkan kedepannya.

Oleh: Dea Dwi Novita. S.Pd.