Siswa SMA N 10 Bekasi, Mengenal Lebih Banyak tentang Kedokteran Hewan

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Fakultas Kedokteran Hewan UGM menerima kunjungan siswa SMA N 10 Bekasi pada Senin, 22 April 2024. Kunjungan diikuti oleh kurang lebih 100 siswa kelas XI dan guru pendamping. Kunjungan diterima oleh Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerjasama dan Alumni, Prof. Dr. drh. Aris Haryanto, M.Si di Ruang Auditorium.

Pada kesempatan tersebut disampaikan profil FKH UGM oleh Koordinator Tim Humas dan Protokoler, drh. Woro Danur Wendo, M.Sc, Ph.D. Pada sesi yang sama, disampaikan pula gambaran kegiatan di FKH UGM, seperti kegiatan praktikum, koasistensi, kerjasama , beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan kesempatan karir sebagai dokter hewan.

“FKH UGM sudah memiliki  kerjasama dan MoU dengan beberapa perusahaan besar di Indonesia, selain itu juga kerjasama dengan beberapa universitas di luar Indonesia, seperti Jepang. Sehingga jika ingin melanjutkan kuliah S2 atau S3 akan memudahkan prosesnya,” papar Woro.

Paparan tentang FKH UGM dapat memberikan gambaran tentang kedokteran hewan kepada siswa SMA 10 Bekasi. Seperti yang disampaikan oleh guru pendamping, Muthmainah, M.Pd “Setelah dijelaskan oleh dokter Woro, anak-anak jadi tahu bahwa bidang karirnya ada banyak, ada konservasi hewan, ada perusahaan yang bergerak di produk makanan yang bahan dasarnya dari hewan dan sebagainya, termasuk saya sendiri juga jadi tahu lebih banyak tentang kedokteran hewan.”

Para siswa kemudian melihat beberapa fasilitas di FKH UGM, yaitu laboratorium makroanatomi, Unit Pendidikan dan Pelatihan Kesehatan Hewan (UP2KH), dan RSH Prof. Soeparwi. Peserta antusias mendapat kesempatan melihat proses ultrasonografi (USG) pada sapi yang saat itu dipraktekkan oleh mahasiswa koasistensi dengan didampingi oleh dokter pembimbing. “Ada hal baru yang saya dapatkan dari kunjungan ini, saya baru lho tau kalau ada USG untuk sapi,” Ucap Angel Kalista, salah satu peserta kunjungan ini.

Kunjungan SMA 10 Bekasi selaras mendukung nilai-nilai SDGs (Sustainable Development Goals) yaitu SDG 4: Kualitas Pendidikan , dengan misi penyelenggaraan pendidikan yang bermutu untuk masyarakat.

*Penulis: Laila