“IKUT BEM ITU RUGI?”

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Sleman, 28 April 2024 – “Prakarsa Cita Bersama Naaranjana” adalah tajuk dari kegiatan program kerja Ruang Belajar BEM FKH UGM 2024 yang diprakarsai oleh BEM FKH UGM Kabinet Naaranjana. Ruang Belajar BEM, yang kemudian dikenal dengan RBB, dilaksanakan di gedung Fakultas Kedokteran Hewan dengan mengundang sembilan pembicara pada sesi biro/departemen dan dua pembicara utama yaitu Saudara Alvin Rizki Sitompul dan Saudara Nicolaus Januar Sugianto. Kegiatan ini bertujuan untuk mencerdaskan sumber daya mahasiswa yang ada di BEM FKH UGM untuk lebih mengerti dan memahami tugas pokok dan fungsi, serta arah kerja umumnya BEM dan khususnya biro/departemen masing-masing. Kegiatan diawali dengan sesi materi mengenai eksistensi dan bagaimana ormawa itu berjalan, kemudian dilanjutkan talkshow mengenai benefit menjadi BEM di FKH UGM, dan diakhiri dengan pemaparan materi yang berkaitan dengan biro/departemen yang ada di BEM FKH UGM.

Ruang Belajar BEM 2024 ini berkorelasi secara tidak langung terhadap Sustainable Development Goals. Pengaruh dan dampak RBB ini mendukung tujuan untuk menghasilkan Pendidikan yang berkualitas, hal ini berkaitan dengan peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya mahasiswa. Kapasitas dan kapabilitas sumber daya mahasiswa ditingkatkan melalui pembekalan materi mengenai manajemen diri, manajemen organisasi, dan personal development. Selain itu, dengan adanya RBB 2024 ini, tujuan untuk mencapai perdamaian, keadilan, dan kelembagaan yang tangguh dapat diwujudkan. Pembiasaan dan pembekalan di RBB 2024 akan memberikan simulasi kelembagaan yang akan dijalankan di kemudian hari. Pemaparan materi yang ada di RBB 2024 turut memberikan kontribusi untuk mewujudkan pekerjaan yang layak dengan pembekalan softskills.

Dengan demikian, pelaksaan Ruang Belajar BEM 2024 yang bertajuk “Prakarsa Cita Bersama Naaranjana” menjadi penting dan memiliki urgensi tersendiri. Hal ini menjadi bukti bahwa banyak manfaat, pengaruh, dan dampak yang ditimbulkan dari pelaksaan kegiatan ini.

Penulis : Dimas Surya Pamungkas