Refleksi Akhir Tahun 2023 FKH UGM: Bekerja Bahagia

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Fakultas Kedokteran Hewan UGM mengisi akhir tahun dengan melakukan Refleksi. Refleksi Akhir Tahun 2023 ini, bertajuk “Menguatkan Integritas Kompetensi, Membangun FKH yang Berprestasi”. Acara dimulai dengan makan siang bersama semua pendidik (Dosen) dan tenaga kependidikan (Tendik) bertempat di Ruang Auditorium FKH. Pada kegiatan tersebut ditampilkan program kerja yang telah terlaksana dari semua departemen dan unit kerja ditampilkan dalam bentuk poster.

Acara dibuka oleh Dekan FKH, Prof. drh. Teguh Budipitojo, M.P., Ph.D., seluruh civitas akademika FKH menghadiri talkshow dengan narasumber Dr. drs. Sumaryono, M.Si. dari Fakultas Psikologi UGM. Pada kesempatan tersebut, beliau menyampaikan tema tentang bekerja bahagia. Salah satu sumber pemecahan masalah adalah kemampuan berpikir dari sudut pandang yang lain. Kapabilitas untuk melihat dari berbagai perspektif adalah kemampuan yang baik yang harus dimiliki oleh para pegawai. Selain itu, terdapat 2 faktor yang dapat meningkatkan kinerja, yaitu internal dan eksternal. Faktor internal meliputi kemauan untuk bekerja (willingness to perform), dan faktor eksternal berupa dukungan atau support dalam bentuk fasilitas.

Kunci refleksi kehidupan adalah kebermakna-an dan kebermanfa-atan. Pak Sumaryono melanjutkan penjelasan dengan mengenalkan konsep yang baru: well-being. Konsep ini diambil dari konsep kebahagian itu sendiri, yaitu sejahtera secara fisik dan psikis. Keadaan seperti ini menghasilkan lingkungan kerja yang produktif, positif, serta supportif satu sama lain. Konsep well-being mengantarkan kita pada kepuasan kerja dan kepuasan hidup.

Oleh: Dea Dwi Novita, S.Pd.