Seminar Nasional HSTP

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Serangkaian Seminar Nasional telah dilakukan pada tanggal 30 Oktober 2022 dan 5 November 2022 oleh Himpunan Studi Ternak Produktif (HSTP) Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada. Acara dibagi menjadi 2 kegiatan, dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting dan workshop luring bersama para peternak di Peternakan Sapi Andini Mulyo. Seminar Nasional HSTP dilakukan untuk membekali pengetahuan dokter hewan, mahasiswa kedokteran hewan, dan juga masyarakat, terfokus pada reproduksi sapi pada wabah PMK, serta melakukan pembinaan kepada kelompok mitra untuk meningkatkan kesehatan ternaknya di tengah wabah. wabah penyakit kaki dan mulut.

Rangkaian kegiatan Seminar Nasional HSTP FKH UGM diawali dengan Seminar Reproduksi yang diselenggarakan pada Minggu, 30 Oktober 2022. Seminar ini mengangkat tema “Kinerja Reproduksi Sapi Pasca Infeksi PMK: Pendekatan Lapangan dan Kajian Ilmiah”. Kegiatan webinar ini menghadirkan tiga narasumber hebat, yaitu yang pertama adalah drh. Taufik Mukti yang memaparkan pendekatan penanganan PMK dari pengalaman empiris di lapangan. Selanjutnya diisi pembicara kedua yaitu drh. Agung Suganda, M.Si. yang membahas strategi dan kebijakan pemerintah dalam upaya peningkatan produktivitas ternak pasca PMK. dan ditutup oleh pembicara terakhir kami, drh. Agung Budiyanto, M.P., Ph.D. yang membahas kajian ilmiah komprehensif tentang dampak PMK terhadap produksi dan reproduksi ternak. Seminar ini dipandu oleh moderator hebat yang juga alumni FKH UGM, yaitu drh. Paras Tera Hartati yang berhasil membimbing 194 peserta yang hadir terdiri dari dokter hewan, mahasiswa fakultas kedokteran hewan, dan masyarakat umum.

Rangkaian kegiatan Seminar Nasional HSTP FKH UGM selanjutnya adalah workshop bersama peternak yang dilaksanakan pada Sabtu, 5 November 2022 di Peternakan Sapi Andhini Mulyo. Kegiatan workshop dilakukan secara offline dengan tema “Meningkatkan Imunitas Sapi Sebagai Upaya Pengendalian Wabah PMK”. Kegiatan ini diisi dengan demonstrasi pembuatan ransum oleh asisten laboratorium Nutrisi Klinik Veteriner dan edukasi peternak cara meningkatkan imunitas sapi agar tidak tertular Penyakit Mulut dan Kuku yang disampaikan oleh dokter hewan lapangan yaitu drh. Rina Wijayani