VETEPRENEUR: Exploring and Developing Veterinarians Potential in Animal Breeding

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

VETEPRENEUR (Veterinary Entrepreneurship) merupakan kegiatan PC IMAKAHI UGM yang bertujuan untuk membuka wawasan mahasiswa FKH UGM dalam dunia entrepreneurship. Pada tahun ini VETREPRENEUR mengusung tema “Breeding Jadi Potensi Unggul Usaha di Bidang Veteriner” yang diadakan pada hari Sabtu tanggal 28 September 2019 di Ruang Kuliah 101 FKH UGM. Acara talkshow dibawakan oleh Saudari Herdyna Eka Putri, S.K.H dan diisi oleh dua pembicara yakni drh. Antonia Agnes dan Saudari Nor Amira Jasmen, S.K.H. Acara talkshow VETEPRENEUR 2019 bertujuan untuk agar wawasan para peserta terbuka bahwa breeding hewan menjadi salah satu usaha yang mempunyai prospek tinggi dari 33 Ranah Pekerjaan dalam dunia kedokteran hewan.

Dokter Agnes memaparkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam menjalani usaha breeding seperti: masa estrus yang tepat agar indukan sudah mempunyai sifat keibuan, pemenuhan gizi yang tepat terhadap hewan yang akan di kawinkan agar tidak ada masalah dalam masa kehamilan dan masa menyusuinya, dan juga ukuran kandang yang tepat, karena apabila kandang terlalu kecil akan terjadi penumpukan amonia. Beliau juga mengajarkan perhitungan modal dan keuntungan dalam berwirausaha di bidang breeeding. Saudari Nor Amira Jasmen menceritakan bahwa dalam berusaha kita tidak perlu perusahaan yang besar, dalam berwirausaha kita hanya memerlukan komputer, Wi-Fi, dan orang yang bekerja paruh waktu. Beliau juga memaparkan beberapa strategi marketing untuk mempromosikan usahanya, seperti membuat komunitas pada usaha Pet Shop nya yang anggota komunitasnya dapat mejadi pelanggan tetap kliniknya. Strategi kedua adalah mengikuti kompetisi Cat Show, disitu beliau dapat menunjukkan eksistensi hewan hasil usaha breednya pada ajang cat show.

Pada akhir sesi diadakan tanya jawab antara pembicara dan peserta. Respon dari peserta sangat antusias, terlihat banyak peserta yang tertarik bertanya kepada pembicara perihal usaha breeding hewan. Acara ditutup dengan foto bersama seluruh panitia dan peserta. Harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan minat dan perhatian peserta untuk menjadi seorang Vetepreneur (Veterinarian dan Entrepreneur) serta melihat bahwa breeding merupakan kegiatan yang mempunyai prospek tinggi di bidang profesi kedokteran hewan.