PET ANIMAL BASIC STUDY (PABS)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Pada hari Minggu, 29 September 2019, Departemen Pendidikan Kelompok Studi Hewan Kesayangan (KSHK) melaksanakan kegiatan Pet Animal Basic Study (PABS) sebagai bentuk program kerja tahunan. Kegiatan yang mengusung tema “Let’s be Friends with Pet Animals” ini diperuntukkan bagi mahasiswa angkatan 2019, 2018, maupun mahasiswa angkatan 2017 yang hendak bergabung menjadi calon anggota KSHK.

Kegiatan PABS dilaksanakan di Desa Wisata Pentingsari, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta bersamaan dengan acara malam keakraban untuk calon anggota baru KSHK. Kegiatan berlangsung dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 11.10 WIB dengan total peserta sebanyak 46 orang.

Kegiatan PABS kali ini meliputi pemberian materi hewan kesayangan kucing, kelinci, dan anjing oleh dokter hewan serta praktek pemeriksaan umum hewan kesayangan anjing dan kucing. Materi kucing dibawakan oleh drh. Farah Fauziyyah, kemudian setelahnya, drh. Dorothea Vera Megarani, MPH membawakan materi mengenai kelinci. Sementara untuk materi anjing dibawakan oleh BPH Inti. Pemeriksaan umum yang dilakukan meliputi inspeksi visual, palpasi, dan auskultasi untuk mengetahui ada tidaknya abnormalitas pada hewan praktek. Selain itu juga dijelaskan cara-cara handling, restrain, serta pengisian ambulatoir. Untuk materi praktek, dihadirkan trainer-trainer yang telah berpengalaman. Peserta kegiatan PABS tampak antusias dan serius dalam mengikuti pelatihan.

Selepas kegiatan, peserta mendapat banyak manfaat, salah satunya ilmu yang berkaitan pemeriksaan umum hewan kesayangan. Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan peserta jadi lebih mengenal keprofesian di bidang veteriner. Selain itu, kegiatan ini juga diperuntukkan sebagai wadah pendidikan untuk calon anggota KSHK dalam rangka menambah pengetahuan dan pengalaman praktek medis veteriner. Bagi mahasiswa FKH UGM, kegiatan ini sangat mendukung dan bermanfaat dalam pencapaian pembelajaran lulusan program pendidikan sarjana kedokteran hewan.