Sekolah Konservasi 1 : Marine Mammals Rescue

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

“Save Our Sea Life To Cherish or Leave It To Perish”

 

Sekolah konservasi adalah sebuah kegiatan yang diadakan oleh Kelompok Studi Satwa Liar FKH UGM sebagai upaya peningkatan pengetahuan dan pembekalan khususnya bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan tentang konservasi disamping ilmu medis dan satwa itu sendiri.

Sekolah konservasi diadakan pada hari Sabtu dan Minggu, 27-28 April 2019 oleh Kelompok Studi Satwa Liar dengan mengangkat tema Marine Mammals Rescue “Save Our Sea Life To Cherish or Leave It To Perish”.  Sekolah Konservasi dibagi menjadi 2 rangkaian kegiatan yakni Seminar dan Workshop. Seminar diikuti oleh 25 orang mahasiswa UGM, sedangkan workshop diikuti oleh 11 orang mahasiswa.

Seminar dilaksanakan Hari Sabtu, 27 April 2019 dengan mendatangkan 3 pembicara. Pembicara pertama adalah Bapak Deny Widyanto Vos. Beliau adalah penggiat Konservasi Pantai Samas, Bantul dalam Komunitas REISPIRASI. Beliau memaparkan tentang Komunitas REISPIRASI yang lahir dari dorongan bergerak dan mencipta untuk alam sejak 2010 lalu. Beliau juga menekankan pentingnya pemberdayaan masyarakat dalam konservasi satwa laut. Pembicara kedua, Bapak Akhmadi Arsyad, S.Hut, M.Si., merupakan pengawas pengelola kawasan konservasi laut Taman Nasional Taka Bonerate, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan tahun 2005-2016. Beliau memaparkan tentang pengelolaan kawasan konservasi laut dan studi kasus pengelolaan di Taman Nasional Taka Bonerate. Pembicara ketiga dalam Seminar Sekolah Konservasi adalah Ibu Rr. Sekar Mira C. H., M.App.Sc. Beliau adalah trainer untuk Marine Mammals Stranding Response sejak 2011 hingga sekarang. Beliau memaparkan materi tentang jenis-jenis mamalia air laut, kejadian terdampar dan kategorinya, dan bagaimana pertolongan pertama yang harus diberikan pada mamalia air laut yang terdampar.

Praktik langsung penyelamatan mamalia air laut terdampar dilaksanakan dalam rangkaian workshop di Pantai Krakal, Gunung Kidul pada 28 April 2019. Praktik langsung didampingi oleh Ibu Rr. Sekar Mira C. H., M.App.Sc. sebagai trainer. Praktik langsung yang dilaksanakan adalah sebagai realisasi dari teori yang telah dipaparkan selama Seminar Sekolah Konservasi.

Melalui  Sekolah Konservasi yang mengangkat tema  Marine Mammals Rescue “Save Our Sea Life To Cherish or Leave It To Perish”, diharapkan para peserta yang telah terlibat mendapatkan ilmu tentang Konservasi Laut disamping medis dan penyelamatan hewan laut terdampar.

Salam Lestari!