Latihan Kepemimpinan 1441H

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Akhir Oktober kemarin, Keluarga Muslim Mahasiswa Veteriner (KMMV) Fakultas Kedokteran Hewan UGM mengadakan serangkaian kegiatan Latihan Kepemimpinan (LK). Rangkaian acara ini berlangsung selama 2 hari, yaitu pada tanggal 26 &27 Oktober 2019 di Masjid An-Nahl Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Tujuan dari diadakannya LK ini adalah mempersiapkan peserta untuk memahami esensi dan konsep dakwah terutama di lingkungan kampus.

Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB, dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an lalu dilanjutkan acara Kuliah Ringkas Ramadhan (KURMA). Pembicara LK pada hari pertama adalah Saudara Zulfi Muhammad dengan mengusung tema “Ke tauhid an”. Kak Zulfi menyampaikanmateri ke-tauhid-an yaitu, pertama menjadikan orang yang bertaqwa, kedua mengampuni dosa-dosa yang telah lalu, dan ketiga saat puasa adalah saat dimana doa-doa kita dimustajab. Kegiatan dilajutkan dengan sebuah Kajian yang bertema “Problematika Umat” untuk calon pengurus baru dan “Problematika Umat secara Global” untuk pengurus lama. Acara tersebut berlangsung hingga pukul 12.00. Memasuki adzan Dhuhur, diadakan acara makan bersama serta sholat Dhuhur secara berjamaah. Setelah sholat Dhuhur, kegiatan dilanjutkan dengan sharing dengan alumni FKH yaitu Ella Ramadhona dan di akhiri dengan Sinergisitas Dakwah Kampus oleh ketua KMMV Desqi Vigia Anggis bersama U’ut Fatah selaku ketua KMMV periode sebelumnya. Kegiatan pada hari ini berakhir pukul 15.00. Selanjutnya peserta di arahkan untuk persiapan pemberangkatan ke area perkemahan untuk mengikuti kegiatan selanjutnya.

Malam hari tanggal 26 Oktober peserta dibagi  menjadi kelompok-kelompok untuk menyusun suatu grand desain KMMV, yang nantinya akan digunakan sebagai motivasi peserta dalam mengabdi di KMMV kedepannya. Kegiatan ini mengusung tema “Tanggung Jawab dan Moral : Dasar Kekuatan Kerjasama”. Kegiatan ini diperuntukan untuk peserta LK untuk membahas apa saja yang harus dipersiapkan dalam menjalankan KMMV, ketika pergantian kepemimpinan nantinya, agar segala sesuatunya yang telah berjalan dapat terus diperbaiki dan ditingkatkan.

Rangkaian acara terus berlanjut hingga hari berikutnya yaitu tanggal 27 Oktober 2019. Penutupan LK dilakukan oleh Ketua Pelaksana. Namun sebelum itu terdapat pemberian hadiah bagi akhwat dan ikhwan yang rajin dan partisipatif mengikuti rangkaian kegiatan acara LK. Dengan ditutupnya acara oleh Ketua Pelaksana, maka berakhirlah serangkaian kegiatan Latihan Kepemimpinan KMMV FKH UGM. Semoga gerak dakwah KMMV di kepengurusan kali ini menjadi teladan bagi peserta dan dapat memberi manfaat untuk Anggota KMMV pada khususnya dan Civitas akademika FKH pada umumnya. Semoga kita masih diberi kesempatan untuk bertemu pada kesempatan berikutnya.

KMMV

Official Account

Line                 : @ilr0512b

Instagram        : @kmmv_ugm