Mengenal Kuda Lebih Dekat dalam Magang Divisi Non-Ruminansia HSTP 2019

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Divisi Non – Ruminansia HSTP FKH UGM baru saja mengadakan acara Magang Kuda pada 1-2 Agustus 2019 di Pikatan Stable, Kaliurang. Kegiatan ini memfasilitasi anggota Divisi Non –Ruminansia untuk mempelajari serta mengenal lebih dalam mengenai profesi dokter hewan khususnya di bidang kuda. Kegiatan Magang Kuda diikuti oleh seluruh anggota baru Divisi Non – Ruminansia.

Rangkaian kegiatan Magang Kuda diawali dengan pemberian materi serta diskusi seputar tingkah laku kuda, manajemen kandang, berbagai kasus dengan penanganan dan pencegahannya yang disampaikan oleh drh. Wawa. Selanjutnya dilakukan praktek langsung mengenai pemeriksaan, grooming, handling dan restrain kuda yang dibimbing oleh drh. Dinar Arifianto bersamaan dengan mahasiswa dari Thailand. drh. Dinar menyampaikan bahwa kuda yang baru kawin tidak diperbolehkan untuk digrooming sekitar satu bulan untuk mencegah cedera dan mengoptimalkan proses fertilisasi. Perawatan khusus yang dilakukan untuk kuda-kuda di Pikatan Stable sangat unik, yaitu dengan terapi pijat menggunakan bahan herbal seperti cabai dan jahe.

Setelah itu, kegiatan yang dilakukan juga adalah pemberian pakan, pemberian vitamin, dan pemeriksa manajemen kandangnya. Manajemen perkandangan meliputi keadaan feses kuda, tempat sanitasi, maupun tempat untuk makan dan minum. Manajemen kuda sangat perlu diperhatikan.

Peserta magang kali ini mendapat kesempatan langka untuk melatih beberapa kuda jumping yang berguna untuk memperkuat kaki dan kecepatan. Sementara itu, kuda-kuda yang lain diumbar di lapangan luas agar dapat bebas berlarian.

Harapan diadakannya Kegiatan Magang Kuda ini antara lain untuk mempersiapkan dan mengenalkan peserta tentang peran profesi dokter hewan khususnya hewan kuda. drh. Wawa pada akhir sesi memberikan masukan yang sangat penting bagi profesi dokter hewan di bidang kuda. “Kita harus siap-sedia setiap saat karena setiap kuda yang sakit butuh pertolongan yang cepat dan tepat.” kata drh.Wawa.

HSTP kokoh dan profesional!