Poultry Chef 2019

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Sabtu, 2 November 2019, Divisi Unggas Himpunan Studi Ternak Produktif (HSTP) Fakultas Kedokteran Hewan UGM melaksanakan kegiatan Poultry Chef di Vega Resto FKH UGM. Kegiatan ini diperuntukan bagi seluruh mahasiswa UGM dari berbagai macam fakultas. Kegiatan Poultry Chef bertujuan untuk memperluas wacana keilmuan tentang perunggasan serta menambah pengetahuan mengenai pemilihan daging ayam yang sehat dan cara pengolahan yang benar.

Pembicara pada kegaiatan ini adalah ibu Fitri K.S. Wulandari, S.Pd. T selaku guru tata boga yang memiliki banyak pengalaman dalam mengolah ayam. Acara berlangsung menyenangkan manakala Bu Fitri memaparkan materi serta mempraktikkan secara langsung bagaimana cara membagi karkas ayam yang benar. Selain itu, Bu Fitri juga menjelaskan mengenai perbedaan daging ayam yang layak dan tidak layak dikonsumsi serta penyembelihan ayam yang tepat.

Kegiatan yang diikuti oleh 6 tim dari FKH, 1 tim dari Fakultas Pertanian, dan 1 tim dari Fakultas Teknik ini tambah meriah ketika Bu Fitri mendemokan cara memasak Chicken Dried Chili. Chicken Dried Chilli merupakan masakan khas oriental berupa ayam fillet yang dimasak dengan dried chilli disertai beberapa bumbu penunjang lainnya. Peserta menyimak dengan serius dan bertanya mengenai teknik pengolahan masakan yang benar ketika demo masak berlangsung

Puncak acara berlangsung ketika lomba masak dimulai. Tiap tim memasak Chicken Dried Chilli yang telah di demontrasikan oleh bu Fitri dan 1 menu lainnya yang terinspirasi dari bahan rahasia yang disiapkan panitia berupa wortel untuk diolah menjadi hidangan sesuai kreativitas tiap tim. Peserta sangat antusias ketika lomba memasak dimulai yang berlangsung selama 2 jam. Penampilan hidangan, presentasi, kebersihan, rasa, dan proses memasak merupakan aspek-aspek penilian lomba memasak Poultry Chef tahun ini.

Poultry Chef tahun ini memberikan banyak manfaat bagi peserta, tidak hanya menambah pengetahuan dari segala aspek tentang ayam, tetapi juga memberikan pengalaman menyenangkan dalam bekerjasama dengan tim untuk menghidangkan masakan yang lezat. Dengan terselenggaranya acara ini, diharapkan peseta mampu mengaplikasikan serta mengembangkan ilmu yang didapat mengenai pengolahan ayam yang benar.Kedepan, kegiatan semacam ini akan terus ditingkatkan lagi dengan cakupan materi yang lebih banyak.