FUN WITH CATTLE 2019

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Fun With Cattle merupakan kegiatan yang diadakan oleh Divisi Ruminansia Himpunan Studi Ternak Produktif (HSTP) FKH UGM. Pada tahun ini acara diselenggarakan pada 19 Oktober 2019. Fun With Cattle bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar kepada mahasiswa dalam bidang ternak produktif khusunya sapi perah dan memperkenalkan lebih dalam kepada mahasiswa tentang manajemen reproduksi ternak besar. Dengan mengangkat tema “Breeding Dairy Farm” FWC 2019 diikuti oleh 30 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan , Fakultas Biologi dan Polbangtan.

Kegiatan FWC 2019 diselenggarakan di dua 2 tempat, yaitu UPTD BPPTDK Unit Semen Beku untuk kegiatan seminar dan UPTD BPPTDK Unit Sapi perah untuk kegiatan USG sapi, pemerahan susu dan pemeriksaan umum. Kegiatan dimulai dari pukul 08.30 WIB diawali dengan sesi materi. Topik pembahasan pertama dijelaskan mengenai menajemen sapi perah di UPTD BPPTDK Unit sapi perah. Materi disampaikan langsung oleh koordinator UPTD BPPTDK Unit Sapi Perah . Sedangkan topik pembahasan kedua disampaikan oleh drh. Erif Maha Nugraha Setyawan, M. Sc., Ph. D. Materi yang disampaikan tentang reproduksi sapi dan cara USG. “Prosedur pemeriksaan status reproduksi terdiri dari analisis lingkungan, restrain, pemeriksaan vulva dan pemeriksaan pre rektal” terang drh. Erif. Selain itu juga dijelaskan cara penggunaan USG untuk pemeriksaan sapi bunting.

Kegiatan selanjutnya yaitu praktik langsung , para peserta dapat secara langsung melihat cara USG pada sapi perah dan bisa mempraktikannya sendiri. Selanjutnya dilakukan kegiatan pemerahan susu yang didampingi oleh anak kandang. Tak hanya itu, peserta juga dapat melakukan pemeriksaan umum meliputi pemeriksaan pulsus, suhu, frekuensi pernafasan dan injeksi vitamin yang langsung didampingi oleh Mahasiswa Co-Asistensi bagian Reproduksi.

Dari kegiatan Fun With Cattle ini diharapkan mahasiswa dapat lebih mengetahui tentang menajemen sapi perah yang baik, cara melakukan USG, mengetahui tentang reproduksi ternak khususnya pada sapi.

FUN TENAN!!!!