Belajar jadi Pengusaha Olahan Produk Susu di Kampung Sapi

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Veterinary Science Community (VSC) adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa yang ada di FKH UGM yang bergerak di bidang riset, kajian, dan penelitian. VSC diharapkan mampu untuk menampung bakat dan minat mahasiswa di bidang penelitian. Tidak hanya penelitian, VSC juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan wawasan mahasiswa calon dokter hewan tentang berbagai macam bidang ilmu yang sejalan termasuk lingkup kerja dunia kedokteran hewan.

Tahun ini VSC berkesempatan mengadakan kunjungan dalam kegiatan Veterinary on Vocation ke Kampung Sapi yang berlokasi di Batu, Malang, Jawa Timur. Kegiatan ini diikuti oleh 25 peserta. Veterinary on Vocation adalah salah satu kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh Veterinary Science Community. Kunjungan yang berlangsung Bulan Oktober ini bertujuan untuk meningkatkan minat calon dokter hewan untuk menjadi seorang pengusaha.

Selama kegiatan berlangsung, banyak hal baru yang diajarkan di Kampung Sapi tentang menjadi pengusaha khususnya pengusaha dalam bidang olahan produk hasil sapi yakni susu. “Jadi dokter hewan jangan melulu jadi pekerja kantoran, buka usaha dong.” Begitu kalimat yang disampaikan oleh drh. H. Deddy F. Kurniawan selaku pembicara saat membuka sesi materi tentang menjadi dokter hewan yang berwirausaha.

Kampung Sapi memberikan ilmu dan motivasi bagi peserta untuk berani menjadi pengusaha. Ilmu-ilmu yang dibagikan adalah tentang bagaimana tips dan trik memulai dan menjalankan usaha, memilih produk yang cocok untuk menjadi suatu usaha, dan bagaimana memasarkan serta branding produk. Hal lain yang tidak kalah seru adalah Kampung Sapi tidak hanya sebatas memberikan ilmu, namun peserta juga diajarkan langsung tentang bagaimana pengolahan produk sapi seperti susu menjadi olahan es krim, susu pasteurisasi dan sabun. Selain itu, selama kunjungan diajarkan pula cara perawatan sapi, memerah susu sapi, mengatur pola makan sapi agar menghasilkan susu yang baik, dan kandang sapi yang baik. Kampung Sapi juga menyediakan beberapa wisata seperti outbond, taman kelinci, dan lain sebagainya, yang membuat peserta tidak bosan ketika berkunjung.

Kegiatan diakhiri dengan wisata ke Batu Secret Zoo dan Batu Night Spectacular yang dilanjutkan dengan perjalanan langsung kembali ke Yogyakarta tanpa menginap. Usai kegiatan ini, diharapkan peserta mendapat wawasan baru dan ide baru tentang menjadi pengusaha setelah nantinya lulus dan menjadi dokter hewan.