SEKOLAH MEDIA KELUARGA MAHASISWA FKH

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Sekolah Media merupakan kegiatan yang diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UGM yang merupakan gabungan dari departemen dan divisi yang terkait oleh media dari 5 UKM, yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan Indonesia (IMAKAHI), Veterinary Science Community (VSC), Keluarga Mahasiswa Muslim Veteriner (KMMV), dan Kelompok Studi Satwa Liar (KSSL) FKH UGM. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa FKH UGM dapat mengasah kemampuan dan memperluas pengetahuan mengenai videografi.

Sekolah Media diadakan pada Minggu, 29 September 2019 dan Sabtu, 5 Oktober 2019 di ruang UP2KH FKH UGM, terdiri dari kegiatan Workshop dan Pelatihan Editing Video. Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB dan dihadiri oleh total 35 peserta dari mahasiswa FKH UGM mulai dari angkatan 2019 hingga angkatan 2016.

Acara yang dilaksanakan pada tanggal 29 September 2019 terdiri dari pemberian materi secara teori oleh kedua pembicara, yaitu Muhammad Fianggoro selaku Kepala divisi DDD Palapa 2018 dan Aldika Fakhin selaku Ketua dari Vetografi FKH UGM. Materi yang diberikan ini meliputi bagaimana cara mengambil video dari kamera agar terlihat baik dan bagus, pengenalan aplikasi yang biasa digunakan untuk editing video, teknik-teknik mengenai video grafi, dan banyak hal lainnya mengenai videografi. Selain hal itu, peserta juga diajarkan secara langsung teknik pengambilan video disekitar lingkungan FKH UGM yang nantinya digunakan peserta untuk perlombaan video yang diadakan oleh panitia sekolah media dengan tema “World Animal Day”. Kegiatan pada hari tersebut diakhiri dengan foto bersama pembicara, peserta, dan panitia.

Acara dilanjutkan pada tanggal 5 Oktober 2019. Pada tanggal ini peserta diajarkan secara langsung dan bertahap mengenai teknik pengeditan video yang dilaksanakan oleh pembicara, Aldhika Fakhin menggunakan aplikasi Adobe Premier Pro CC 2017. Dengan pemberian materi Editing Video ini diharapkan nantinya para peserta mendapatkan ilmu dan dapat membuat video dengan teknik yang lebih baik dan benar, serta dapat diaplikasikan ke kehidupan sehari-hari terkait dengan pengeditan video.