PENDIDIKAN TINGKAT LANJUT XIX VETPAGAMA

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp


Unit kegiatan mahasiswa VETPAGAMA FKH UGM telah mengadakan kegiatan Pendidikan Tingkat Lanjut (DIKJUT) XIX. DIKJUT XIX merupakan kegiatan dengan sasaran anggota wiramuda untuk memperoleh jenjang yang lebih tinggi sebagai anggota penuh. DIKJUT ini mengusung tema shallow in the shadow, deep in the soul. Penentuan tema didasari atas harapan melekatnya nilai kepencintaalaman dan kedokteranan hewan dalam jiwa peserta. Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan kematangan soft skill dan hard skill peserta.

DIKJUT diikuti oleh lima orang peserta dan didampingi sebanyak sepuluh orang panitia/pendamping lapangan. DIKJUT XIX dilaksanakan dalam rangkaian lima divisi yaitu rafting, gunung hutan, fauna konservasi, rock climbing dan caving. Pelaksanakan kegiatan DIKJUT dimulai pada bulan April sampai Agustus 2019 berlokasi di DIY dan Jawa Tengah.

Kegiatan DIKJUT rafting berupa teknik pengarungan sungai berarus, etika saat melakukan pengarungan, dan upaya penyelamatan baik diri sendiri maupun kelompok. Kegiatan gunung hutan mempelajari ilmu medan peta dan kompas (IMPK). Selain IMPK, dalam dikjut gunung hutan ini juga dibekali dengan ilmu survival hutan. Nekropsi pada Macaca namestrica untuk belajar mengindentifikasi penyebab kematian diperoleh saat fauna konservasi. Fauna konservasi ini juga mengajarkan dalam tata cara penulisan proposal dan laporan hasil penelitian. Kegiatan climbing mempelajari sistem pemanjatan sport, mulai dari perencanaan pemanjatan hingga cleaning jalur pemanjatan. Materi teknik penyusuran goa vertikal dan horizontal diperoleh saat caving. Selain itu, dalam caving ini peserta juga dibekali tentang materi fotografi dalam goa.

Wajib gunung sebagai penutup kegiatan DIKJUT XIX dilaksanakan di Gunung Sindoro, Temanggung, Jawa Tengah. Bentuk pendidikan mengenai manajemen perencanaan kegiatan mulai dari persiapan pendakian, pelaksanaan pendakian sampai pasca pendakian. Diharapkan dengan adanya DIKJUT ini, anggota wiramuda mampu mengaplikasikan dan menerapkan materi yang telah diberikan sesuai dengan apa yang telah dipelajari.