Implementasi Jiwa Kompeten, Profesional, dan Kontributif dalam Kegiatan Akademik dan Non Akademik di Science Camp 1 VSC FKH UGM

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Unggul dalam kegiatan akademik dan aktif dalam kegiata non akademik adalah dua hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh mahasiswa, tak terkecuali mahasiswa FKH UGM. Oleh karena itu, VSC FKH UGM memberikan wadah bagi para anggota barunya untuk dapat mempelajari kedua hal tersebut melalui acara yang bernama Science 1 yang diadakan pada hari Sabtu dan Minggu, 28-29 September 2019. Acara ini adalah salah satu program kerja dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) VSC FKH UGM yang ditujukan bagi mahasiswa angkatan 2019. Acara ini dilaksanakan di Omah Noto Plankton, Merdikorejo, Tempel, Sleman.

Acara Science Camp 1 diisi dengan 3 materi utama. Materi yang pertama disampaikan adalah materi mengenai SCCF dan jiwa KPK (Kompeten, Profesional, dan Kontributif) oleh Adibah Rashikah Amanto. Beliau menjelaskan bahwa penting untuk selalu mengingat alasan kita berpartisipasi dalam sebuah kegiatan atau sebuah organisasi. Hal tersebut menurut beliau akan menjadi landasan kita untuk dapat tetap bersikap professional dalam menghadapi dinamika berorganisasi di tengah kesibukan kegiatan perkuliahan. Selain itu, dengan menanamkan jiwa KPK dalam diri, akan menjadikan kita sebagai manusia yang lebih berkualitas. Materi yang kedua mengenai sejarah VSC disampaikan oleh Vika Ichsania Ninditya, ketua VSC periode 2018-2019. Ia menyampaikan bahwa VSC adalah wadah yang tepat bagi para anggota baru untuk menyalurkan bakat dan potensi mereka dalam bidang penelitian maupun non-penelitian. Materi terakhir yaitu yang ketiga yaitu motivasi mengikuti PKM dan PIMNAS, yang disampaikan oleh Nada Hanifah, peraih medali emas PIMNAS ke 32. Materi berisi manfaat dan perjuangan dalam mengikuti PKM dan PIMNAS selama 3 tahun, serta bagaimana VSC adalah wadah yang tepat untuk berkembang karena lingkungan yang mendukung.

Dengan pemberian materi dari ketiga pembicara ini, kedepannya para peserta diharapkan dapat menjadi pribadi yang profesional, dan loyal dalam berorganisasi. Tidak lupa agar peserta senantiasa termotivasi untuk mengembangkan potensi dan bakat yang ada di dalam diri mereka tanpa mengesampingkan kewajiban-kewajiban akademik sebagai mahasiswa FKH UGM.