Perkenalan Klinik

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Pada hari Sabtu (18/05) telah diselenggarakan salah satu program kerja dari Departemen Aksi Masyarakat Kelompok Studi Hewan Kesayangan FKH UGM yaitu Perkenalan Klinik. Perkenalan Klinik bertujuan untuk menambah ilmu peserta mengenai manajemen dan operasional klinik, mendapat pengetahuan tentang alat medis, mendengarkan pengalaman dan penjelasan dari dokter hewan praktisi yang berpengalaman. Terhitung sebanyak 32 (tiga puluh dua) peserta mengikuti Perkenalan Klinik yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 15 orang ditempatkan di Klinik Hewan Jogja dan 17 orang ditempatkan di RSH Prof. Soeparwi. Kegiatan ini diawali dengan pembacaan doa dan sambutan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh pembicara selama 60 menit termasuk sesiĀ  tanya jawab dengan peserta.

Peserta diajak berkeliling klinik atau rumah sakit hewan sambil dijelaskan fungsi dari satu per satu ruang, seperti ruang pemeriksaan, ruang operasi, ruang penitipan hewan sehat dan lain-lain beserta detail lain yang peserta tanyakan. Tidak hanya itu, pembicara juga menjelaskan mengenai tahap-tahap pemeriksaan mulai dari pasien datang. Di Klinik Hewan Jogja, pembicara juga memberitahu peserta tentang merek-merek pakan yang dijual di klinik tersebut. Pembicara RSH Prof. Soeparwi juga mengajak peserta ke ruang grooming dan menjelaskan langkah-langkahnya. Setelah keliling klinik/rumah sakit hewan, peserta kembali ke ruang utama untuk sesi diskusi. Klinik Hewan Jogja sendiri menyelenggarakan sesi diskusi mengenai pekerjaan dokter hewan praktisi, khususnya bagaimana menyiapkan diri menjadi seorang dokter hewan yang baik. Perkenalan Klinik diakhiri dengan penyerahan plakat dan sertifikat oleh panitia dan sesi foto bersama.

Dengan diadakannya Perkenalan Klinik, peserta mempunyai pandangan visioner terhadap apa yang akan mereka lakukan di masa depan, membantu mereka memutuskan jalan yang mereka ambil setelah mengetahui deskripsi pekerjaan yang dilakukan oleh seorang dokter hewan praktisi. Kelompok Studi Hewan Kesayangan sendiri berharap semoga Perkenalan Klinik ini bermanfaat bagi mahasiswa FKH UGM, khusunya anggota KSHK untuk merintis profesi sebagai seorang dokter hewan praktisi yang baik.