KELOMPOK STUDI SATWA LIAR PENGENALAN KEPROFESIAN VETERINER 2019

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Pengenalan Keprofesian Veteriner (PKV) yang diselenggarakan Departemen Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kelompok Studi Satwa Liar (KSSL) FKH UGM yang merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak di bidang konservasi satwa liar adalah kegiatan yang memfasilitasi mahasiswa Kedokteran Hewan khususnya UGM dalam mempelajari atau mengenal lebih dalam tentang dunia profesi dokter hewan dalam bidang satwa liar. Kegiatan tersebut terdiri dari tiga rangkaian acara yakni pembekalan, pelaksanaan, serta presentasi hasil PKV.

Serangkaian kegiatan dimulai dari pembekalan yang dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2019. Tujuan dari diadakannya pembekalan adalah memberikan wawasan, pandangan, serta persiapan kepada peserta PKV tentang hal apa saja yang perlu dilakukan saat melaksanakan kegiatan. Pembekalan diisi dengan pemberian materi oleh drh. Warih.

Pelaksanaan PKV diadakan pada tanggal 1-12 Juli 2019 untuk gelombang pertama, 15-26 Juli 2019 untuk gelombang kedua, dan beberapa tempat dengan tanggal khusus sesuai kesepakatan. Kegiatan PKV dilaksanakan di 11 tempat yaitu Seaworld Ancol, Taman Nasional Way Kambas, Turtle Conservation Education Center (TCEC), Taman Safari Indonesia II Prigen, Taman Nasional Tanjung Puting, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Bengkulu (BKSDA Bengkulu), Wersut Seguni Indonesia (WSI), Javan Langur Center (JLC), Taman Margasatwa Ragunan, International Animal Rescue Bogor (IAR), dan Javan Primate Rehabilitation Center (JPRC).

Peserta diberi arahan dan bimbingan dalam menjalani PKV di berbagai lokasi PKV sehingga lebih mengenal kegiatan yang dilakukan di masing–masing tempat serta mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru seperti manajemen kandang, mengenal streotipe beberapa hewan pemberian nutrisi, pemberian pakan, dan pemeriksaan kesehatan hewan.

Harapan diadakannya PKV KSSL antara lain untuk mempersiapkan dan mengenalkan peserta kepada peran profesi dokter hewan dalam bidang konservasi dan satwa liar. Salam Lestari!