STUDI PENTAS : ANHEDONIA

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Pada hari Sabtu, 25 Mei 2019 Badan Penerbitan Pers Mahasiswa (BPPM) Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (FKH UGM) telah memproduksi sebuah pementasan dalam tajuk Studi Pentas berjudul Anhedonia. Studi Pentas ini adalah hasil karya yang dikonsep oleh anggota muda dan dilaksanakan seluruh anggota BPPM FKH UGM dengan dibantu para Sahabat Vena, baik dari mahasiswa FKH UGM maupun teater lain.

Acara ini dilaksanakan di selasar gedung V1 Veterinary Medicine FKH UGM pada malam hari, tepatnya pukul 20.00 setelah orang- orang buka puasa dan tarawih. Dikarenakan ada Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), penataan panggung baru bisa dilakukan pukul 17.00. Dengan bantuan Sahabat Vena, panggung dapat selesai tepat waktu sebelum open gate yaitu pukul 19.00. Kegiatan dibuka oleh MC, dilanjutkan sambutan Pimpinan Produksidan ketua BPPM FKH UGM. Pementasan berlangsung kurang lebih 30 menit, dilanjutkan foto bersama, sarasehan dan penutup.

Anhedonia merupakan ketidakmampuan untuk merasa senang dalam kegiatan yang menyenangkan. Dalam naskah yang telah dibuat oleh Katarina Anggite, dibantu teman-temannya, dikisahkan seorang perempuan bernama Kinanti yang menjadi korban bullying semasa kuliah. Bagian dirinya yang terpuruk, dinamakan “Kinanti Bayangan” penuh dengan rasa takut dan depresi. Berulang kali mencoba bangkit, depresi akibat bullying itu ternyata terlalu berat bagi Kinanti dan akhirnya membuat jiwanya mati. Pementasan ini menggambarkan betapa buruknya akibat dari bullying sehingga diharapkan orang-orang tidak melakukannya lagi. Pemeran utama yaitu Wanda Aliya sebagai Kinanti dan Fatimah sebagai Kinanti Bayangan telah memerankan karakternya dengan apik.

Sarasehan menampung beberapa kritik dan saran yang disampaikan langsung oleh penonton kepada panitia Studi Pentas. Masukan yang kami terima adalah naskah telah ditulis dengan baik, hanya saja kurang digarap detail-detailnya. Namun demikian, penonton yang terdiri dari 85 orang baik mahasiswa FKH UGM maupun masyarakat umum tetap memberikan apresiasi tinggi untuk Studi Pentas tahun 2019 ini. Dari Studi Pentas diharapkan Vena Teatrika dapat memberi nasihat sekaligus menghibur, semakin dikenal, dan dapat memproduksi pementasan yang lebih baik lagi untuk selanjutnya.

Hessy: (085729912122)