Perayaan World Veterinary Day 2019 FKH UGM

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

World Veterinary Day (Hari Kedokteran Hewan Sedunia) diperingati setiap tahunnya untuk mempromosikan serta meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya profesi dokter hewan. Pada tahun 2019, World Veterinary Day jatuh pada hari Sabtu, 27 April 2019 dengan mengangkat tema Value of Vaccination. Pengurus Cabang IMAKAHI UGM menyelenggarakan serangkaian kegiatan dengan tema Animal Disease Control for Human Well-being dalam rangka memperingati hari tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26-27 April 2019 bertempat di lingkungan FKH UGM.

Pada hari Jumat, 26 April 2019 dilaksanakan Korsa Day, dimana seluruh mahasiswa FKH UGM mengenakan korsa angkatan masing-masing untuk menunjukkan identitas sebagai mahasiswa kedokteran hewan. Selain itu, diadakan penulisan pohon harapan oleh mahasiswa FKH UGM sebagai wadah mahasiswa untuk menyampaikan harapan bagi dunia veteriner di masa mendatang serta dilanjutkan dengan pembagian susu gratis. Sebelumnya juga telah diselenggarakan photo challenge bagi mahasiswa FKH UGM pada tanggal 12-24 April 2019 melalui media sosial dengan hadiah scrub bagi 3 pemenang foto terbaik. Kegiatan ini bertujuan mengajak mahasiswa untuk turut serta mengedukasi masyarakat mengenai kesehatan hewan. Mahasiswa FKH UGM tampak antusias dalam mengikuti serangkaian kegiatan ini.

Pada hari Sabtu, 27 April 2019 dilaksanakan kegiatan pemeriksaan hewan dan pemberian obat cacing gratis bagi anjing dan kucing di Lapangan Diagnostik FKH UGM. Kegiatan ini terbuka untuk masyarakat umum dengan jumlah peserta mencapai 55 ekor anjing dan kucing. Kegiatan pemeriksaan hewan ini bekerja sama dengan drh. Anastascia Arysthia, M. P. H. dari ABC Petshop & Petclinic Klaten dengan dibantu oleh 4 orang mahasiswa PPDH. Selain pemeriksaan hewan dan pemberian obat cacing gratis, diadakan pula pemberian vaksin, vitamin, obat kutu, dan obat jamur bersubsidi.

Dengan diselenggarakannya rangkaian kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat semakin memahami pentingnya menjaga kesehatan hewan peliharaan serta peran dokter hewan dalam pengendalian penyakit hewan demi kesejahteraan manusia.

 

Viva Veteriner Indonesia!