Musyawarah Kerja Nasional IMAKAHI Ke-XXI

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Musyawarah Nasional IMAKAHI adalah suatu kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Pengurus Besar Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan Indonesia (PB IMAKAHI) sebagai sarana untuk silaturahmi serta untuk menyusun program kerja PB IMAKAHI yang akan dijalankan selama satu kepengurusan ke depan. MUKERNAS IMAKAHI KE- XXI dilaksanakan pada tanggal 29-31 Maret 2019 di Balai Besar Pelatihan Peternakan Songgoriti Batu Malang. Acara ini dihadiri oleh delegasi dari semua Institusi Kedokteran Hewan yang ada di Indonesia.

MUKERNAS IMAKAHI ke-XXI memiliki beberapa rangkaian kegiatan yaitu welcoming dinner, talkshow, dan sidang pleno Mukernas. Welcoming dinner dilaksanakan pada tanggal 29 Maret 2019 dengan acara pemotongan tumpeng secara simbolis sebagai perayaan ulang tahun IMAKAHI yang ke-36 yang jatuh pada tanggal 21 Maret. Pada acara ini juga dilakukan acara lelang barang dimana hasil lelang kemudian disumbangkan kepada para korban bencana yang membutuhkan.

Pada hari yang sama dilakukan juga Talkshow dengan tema “Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Bersama IMAKAHI” yang membahas tantangan serta peran dokter hewan dalam revolusi industri 4.0 dan dalam menjawab tantangan revolusi industri 4.0. Dalam talkshow ini, dijelaskan bahwa dunia veteriner harus dapat mengikuti perkembangan zaman dalam menjamin kesehatan hewan dan produk hasil hewan untuk  mensejahterakan masyarakat, sehingga dokter hewan harus siap menjadi pribadi yang bisa bekerjasama, ulet, ahli dalam teknologi, dan mampu beradaptasi dengan perubahan zaman. Kedepannya diharapkan PDHI akan selalu bersinergi dengan pemerintah dan swasta untuk semakin memajukan pengembangan populasi dan kesehatan hewan serta produknya di Indonesia.

Rangkaian acara selanjutnya adalah Sidang Pleno MUKERNAS KE-XXI IMAKAHI yang dilaksanakan pada tanggal 30 – 31 Maret 2019 dengan poin bahasan berupa program kerja PB IMAKAHI, pemaparan program unggulan dari setiap Pengurus Cabang IMAKAHI, dan pelelangan program kerja nasional. Hasil sidang pleno ini diantaranya adalah keputusan-keputusan yang mengesahkan program kerja PB IMAKAHI selama satu periode kepengurusan dan terpilihnya PC IMAKAHI yang mendapat amanah untuk melaksanakan beberapa program lelang nasional.

Acara MUKERNAS IMAKAHI KE-XXI diharapkan mampu meningkatkan performa IMAKAHI menjadi lebih baik dan juga mahasiswa kedokteran hewan dan dokter hewan di Indonesia.