KEAKRABAN DI KSSL WEEKEND GETAWAY

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

KSSL Weekend Getaway merupakan serangkaian acara untuk mempererat hubungan antar anggota KSSL, menubuhkan kepedulian serta rasa cinta terhadap alam, memberi kesempatan berbagi pengalaman bersama alumni, serta sebagai sarana anggota KSSL untuk mengidentifikasi bermacam jenis satwa air. KSSL Weekend Getaway tidak hanya sebagai media untuk mempererat hubungan anggota dan alumni, namun juga sebagai sarana untuk mengembangkan potensi dari masing-masing peserta maupun panitia. Acara ini dilaksanakan di Pantai Ngrumput, Desa Ngestirejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Para peserta menuju ke lokasi dengan kendaraan masing-masing.

Sabtu, 30 Maret 2019, seluruh peserta sampai di lokasi pantai yang menyuguhkan pemandangan indah. Kegiatan dimulai dengan mendirikan tenda secara bersama-sama sebagai tempat bermalam. Hal tersebut bertujuan untuk melatih kerja sama dan kepedulian terhadap sesama anggota. Setelah istirahat dan makan siang, kegiatan dilanjutkan dengan permainan yang bertujuan untuk melatih kekompakan dan sportivitas peserta. Kegiatan dilanjutkan pada malam hari berupa pentas seni oleh perwakilan anggota dan Badan Pengurus Harian KSSL (BPH KSSL).

Tito, salah satu alumni, sekaligus perwakilan dari Dewan Konsul KSSL, menyampaikan beberapa hal dalam sharing almuni. Dia menyampaikan apa suka dan dukanya selama bergabung di KSSL, caranya memposisikan diri dan bertindak dalam organisasi, serta pengalamannya melakukan ekspedisi dan magang di berbagai tempat. Peserta sangat antusias dan ngajukan pertanyaan-pertanyaan yang menghidupkan suasana diskusi. Salah satu pertanyaan yang menarik adalah tentang pandangan narasumber, apakah lebih penting program kerja berjalan dengan baik namun kekeluargaan di dalam organisasi kurang, atau sebaliknya. “Program kerja akan berjalan dengan baik jika kita merasa saling memiliki, menikmati, dan nyaman berada di dalam organisasi tersebut.” jawab Tito. Menrut Tito keduanya harus berjalan beriringan.

Sayang sekali, pada hari Minggu, 31 Maret 2019 kegiatan identifikasi satwa air dibatalkan karena keadaan air laut yang pasang sehingga tidak memungkinkan dilakukannya kegiatan tersebut mengingat besarnya resiko terbawa ombak. Meski demikian kegiatan KSSL Weekend Getaway secara keseluruhan berjalan dengan baik. Acara diakhiri dengan tukar kado oleh seluruh peserta serta foto bersama.