OZON 2019: Ternak Sehat Pangan Bersahabat

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Olimpiade Zoologi Nasional (OZON) 2019 merupakan kegiatan yang diadakan oleh PC IMAKAHI UGM yang bertujuan untuk mengenalkan siswa SMA tentang bidang kedokteran hewan serta branding bagi FKH UGM. Pada tahun ini OZON mengangkat tema “SDGs: Kesehatan Hewan Sebagai Upaya Mencapai Ketahanan Pangan Nasional” dan diadakan pada hari Jumat sampai Minggu tanggal 8-10 November 2019 di Fakultas Kedokteran Hewan UGM.

Pada hari pertama OZON diadakan kuliah umum yang dibuka oleh Rahma Prihutami terkait SDGs serta peran dokter hewan untuk mewujudkannya. Acara dilanjutkan dengan materi dari pembicara pertama, drh. Erif Maha Nugraha Setyawan, M.Sc., Ph.D. yang membahas teknologi reproduksi untuk meningkatkan kualitas ternak. Menurut dokter Erif, teknologi reproduksi sendiri saat ini mempunyai peran penting dalam peningkatan kualitas ternak, fertilisasi secara in vitro, stem cell dan masih banyak teknologi lainnya. Pembicara kedua, drh. Hairy Kesuma membahas manajemen ternak pada perusahan. Menurut beliau, diperlukan manajemen ternak yang baik untuk meningkatkan kualitas ternak. Acara diakhiri dengan gala dinner serta tukar makanan khas daerah yang dibawa oleh masing-masing tim.

Pada hari kedua dilaksanakan babak semifinal yang nantinya diambil 10 tim untuk dilakukan final rally. Agar para peserta lebih menggenal kedokteran hewan UGM, dilakukan tour lab ke laboratorium makroanatomi, parasitologi, UP2KH, serta RSH Soeparwi. Pada Final Rally, 10 tim yang lolos babak semifinal mengerjakan soal di 10 pos yang membahas hewan tertentu untuk menguji pengetahuan peserta terkait berbagai hewan.

Hari ketiga dibuka dengan pengumuman 3 tim yang lolos ke babak grand final yaitu SMA 2 Purwokerto, SMA Regina Pacis Surakarta, dan SMA 1 Bambanglipuro. Ketiga tim ini diadu pada LCC dengan juri dosen FKH UGM yaitu Dr. drh. Aris Haryanto, M.Si dan Dr. drh. Yatri Drastini, M.Sc. Setelah diadakan sesi LCC, tim kembali diadu untuk melakukan presentasi terkait dengan tema yang diangkat OZON tahun ini. Setelah sesi ini selesai semua peserta OZON 2019 mendapatkan lab skill di Laboratorium Mikrobiologi, Patologi Klinik, serta KESMAVET. Pada OZON 2019 ini gelar juara disabet oleh SMAN 2 Purwokerto sebagai juara 1, SMA Regina Pacis Surakarta sebagai juara 2 dan SMAN 1 Bambanglipuro sebagai juara 3.

Banyak pengalaman yang dapat diambil dari kegiatan ini, yaitu bertambahnya wawasan peserta terkait bidang kedokteran hewan serta perlunya kesehatan hewan untuk menciptakan ketahanan pangan. Melalui kegiatan ini diharapkan peserta mendapat pemahaman yang baik terkait SDGs terutama mengenai ketahanan pangan dan diharapkan juga acara ini dapat menjadi branding bagi FKH UGM.