Pelatihan dan Pendidikan Dasar 2019

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp


LANDIKSAR (Pelatihan dan Pendidikan Dasar) merupakan suatu bentuk kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan Indonesia (PC IMAKAHI) UGM yang ditujukan kepada calon PC IMAKAHI UGM. Kegiatan diselenggarakan pada hari Sabtu sampai Minggu, 19 – 20 Oktober 2019 di Vila Abmarina, Kaliurang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tema kegiatan LANDIKSAR pada tahun ini adalah “Membangun Kedisiplinan dan Solidaritas untuk Menguatkan Karakter Unggul IMAKAHI“, dengan tujuan calon PC dapat menjadi pribadi yang disiplin dan saling peduli. Peserta juga diharapkan mampu berkontribusi aktif serta berkarya bersama IMAKAHI UGM.

Rangkaian kegiatan pada hari pertama adalah penyampaian materi dengan tema “Etika Berkomunikasi” oleh pembicara Lazuardi Akmal Satriatama sebagai alumni PC IMAKAHI. Pembicara memaparkan bagaimana seseorang perlu memiliki keterampilan dan etika dalam berkomunikasi ketika berhadapan dengan lawan bicara seperti etika saat berbicara dengan teman sebaya akan berbeda apabila dengan orang lebih tua dan dosen. Etika dalam komunikasi dapat dibedakan menjadi etika komunikasi dalam organisasi dan etika komunikasi saat berhadapan dengan pihak eksternal. 5 kunci etika komunikasi yaitu kita sebagai mahasiswa perlu memiliki rasa segan terhadap orang yang lebih tua, dapat memahami suatu keadaan sesuai tempat  dan waktu, berperilaku jujur dan sopan, apabila memberikan informasi perlu kejelasan dan fakta, dan terakhir yaitu perlunya mengucap kata “maaf” apabila bersalah dan “terima kasih” ketika ada orang lain yang menawarkan bantuan.

Acara selanjutnya pemaparan materi bertema “Dinamika dalam Organisasi” oleh Luthfi Sinantaris sebagai ketua Pengurus Besar IMAKAHI (PB IMAKAHI). Dinamika organisasi memiliki arti kekuatan sekumpulan individu dalam organisasi yang dapat menimbulkan perubahan dalam tata hidup organisasi bersangkutan dengan aturan aturan yang disepakati sebagai landasan bergerak. Dinamika sejatinya dapat diartikan sebagai masalah yang dapat berupa komunikasi, personal, dan penerapan etika. Selesai pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan pentas seni dan api unggun. Kegiatan dilakukan supaya calon PC dan para tamu undangan terhibur serta dapat mengeratkan tali persaudaraan. Setelah api unggun dan pentas seni selesai, peserta kemudian beristirahat untuk kegiatan esok pagi.

Hari kedua rangkaian kegiatan diawali dengan Outbond di halaman depan Vila Abmarina. Tujuan kegiatan adalah peserta menjadi segar setelah bangun pagi dan sarapan. Permainan games pada Outbond juga bertujuan mengembangkan kemampuan peserta untuk berpikir kritis, dan melatih kepemimpinan dalam mengatur strategi. Outbond selesai sebelum siang dan peserta bersiap siap untuk pulang kemudian acarapun diakhiri dengan penutupan.

Diharapkan calon pengurus cabang setelah mengikuti kegiatan Landiksar dapat mengasah kemampuan kompetensi dan kemampuan intelegensi sebagai calon dokter hewanm, menjadi manusia cerdas, berwawasan luas, terampil, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta tanggung jawab keilmuan tinggi dalam pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan negara.