GREAT RESEARCH VSC 2019

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp


Great Research adalah acara rutin tahunan Veterinary Science Community. Acara Great Research ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengasah kemampuan anggota Veterinary Science Community dalam bidang penulisan dan presentasi karya ilmiah yang baik dan menarik. Pada tahun 2019 Great Research dilakukan selama 2 hari yaitu pada tanggal 21 september 2019 di RSH Soeparwi dan 27 Oktober 2019 di ruang seminar 1. Acara Great Research ini diwajibkan untuk semua anggota VSC angkatan 2018 yang beranggotakan 19 orang.

Materi hari pertama yang diberikan oleh Dr. drh. Soedarmanto Indarjulianto berbicara mengenai pentingnya meneliti, motivasi meneliti, cara menentukan ide penelitian, dan brainstorming mengenai ide penelitian. Pada hari kedua, peserta diminta untuk menyusun dan mempresentasikan rancangan ide penelitian yang dinilai oleh Vika Ichsania Ninditya, S.K.H dan Nada Hanifah. Kedua juri tersebut adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan yang telah berpengalaman dalam bidang karya tulis ilmiah. Hasil akhir yang dicapai oleh semua peserta adalah presentasi rancangan ide penelitian berupa PowerPoint. Setelah penilaian, diberikan kritik dan saran kepada masing-masing kelompok baik dari segi ide, metode, maupun presentasi.

Manfaat dari kegiatan ini adalah mahasiswa dapat mengetahui cara menentukan ide penelitian yang menarik dan mudah. Selain itu peserta berkesempatan berlatih mempresentasikan rancangan ide penelitian dan mendapatkan saran untuk memperbaiki rancangan ide penelitian. Diharapkan ide penelitian atau karya yang telah ada dapat dikembangkan dengan baik dan diikut sertakan dalam berbagai perlombaan yang akan datang.