ANIMAL EXPO 2019 “One Health for One World”

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Kelompok Studi Hewan Kesayangan (KSHK) Fakultas Kedokteran Hewan UGM telah menyelenggarakan Animal Expo pada Minggu, 03 November 2019, dari pukul 10 pagi hingga selesai. Animal Expo dilaksanakan di Sleman City Hall, Jl. Magelang KM 9,6 NO. 18, Penggung, Tridadi, Kec. Sleman, Kab. Sleman, DIY. Kegiatan ini mengangkat tema “One Health for One World”. Animal Expo “One Health for One World” diadakan dengan latar belakang One Health merupakan peringatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan yang sehat yang di dalamnya terdapat komponen manusia dan hewan.

 

Rangkaian acara pada Animal Expo “One Health for One World” terdapat Lomba Mewarnai, Talkshow, Dogrun, Penampilan Komunitas, dan Pembagian Doorprize. Kegiatan Lomba mewarnai diikuti oleh 25 anak dari kelas 1 -2. Rangkaian Talkshow dihadiri 2 pembicara yaitu Prof. Dr. drh. Sri Hartati, S.U yang membawakan topik tentang Toxoplasmosis dan Prof. Dr. drh. Ida Tjahajati, M.P yang membawakan topik tentang Rabies, yang dimoderatori oleh Mutiara Hartinah, S.K.H. Setelah penjelasan materi, dilanjut dengan tanya jawab antara pembicara dan audien yang cukup antusias dengan topik penyakit zoonosis ini.

Terdapat beberapa komunitas yang ikut memeriahkan acara, yaitu Jogja Free Flight, Owl, Kedai Satwa, Pet Gallery, Pager (Paguyuban Gadjah Mada Eksotik dan Reptil), Gembira Loka Zoo, Komunitas Pecinta Iguana, Natrix, Javascape AG, Djamoesiti (Djogja Moesang Istimewa), Adol Kewan, Tarantula Owner Yogyakarta, Yoglider (Sugar Glider), Aquaskaping, Sanjaya Gecko, Aquascape Yogyakarta,  dan Animal Keeper Jogja. Pengunjung sangat tertarik untuk melihat, memegang bahkan berfoto dengan hewan-hewan yang dibawa oleh setiap komunitas. Rangkaian acara Dog Run diikuti berbagai jenis anjing yang berpartisipasi dalam berbagai macam lomba, diantaranya lomba makan, sniff snap, dll. Doorprize yang diberikan pada akhir acara tidak tanggung-tanggung yaitu ada voucher mezzanine, voucher happy puppy, voucher reddoorz, voucher cats café, dan voucher Royal Canin.

Melalui kegiatan Animal Expo “One Health for One World” diharapkan masyarakat, mahasiswa, serta para dokter Hewan untuk selalu menggali dan menambah wawasan mengenai zoonosis dan juga dapat menerapkan aspek One health di lingkungan sekitar.