ORNITHOLOGY, WILDLIFE PHOTOGRAPHY & BIRDING SHORTCOURSE (ORBS)

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Acara Onithology, Wildlife Photography and Birding Shortcourse (ORBS) merupakan acara yang diadakan oleh Kelompok Studi Satwa Liar (KSSL) yang ditujukan kepada mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan dan umum. Acara dilaksanakan mulai tanggal 31 Agustus 2019 bertempat di Fakultas Kedokteran Hewan dengan mengangkat Tema Cultivating The Spirit of Ornithology Conservation Through Birdwatcing And Sexing. Rangkaian acara dimulai dengan pemberian materi tentang Ornithology Based On Conservation oleh Ir. Ign. Pramana Yuda, M.si, Ph.D. Materi yang diberikan merupakan dasar-dasar mengenai ilmu ornithology, selain itu juga dijelaskan mengenai beberapa macam sexing burung baik itu burung yang monomorfik dan dimorfik. Materi dilanjutkan oleh pembicara kedua yang membahas lebih detail mengenai proses sexing burung yaitu Dr.drh. Aris Haryanto, M.Si. Pada materi ke dua ini, pembicara membahas mengenai Sexing Molekuler yang dilakukan untuk membedakan burung jantan dan betina pada aves yang tergolong monomorfik, dimana kelas monomorfik ini tidak dapat dibedakan dengan jelas jantan dan betina secara fisiologisnya saja sehingga memerlukan proses sexing secara molekuler.

Setelah mendapat pengantar materi mengenai ornithology dan sexing molekuler, partisipan melakukan workshop tentang sexing molekuler pada kelas aves dengan metode PCR (Polymerase Chain Reaction) di Laboraturium Biokimia Fakultas Kedokteran Hewan yang dijelaskan oleh Herjuno Ari Nugroho.

Setelah serangkaian kegiatan tersebut,  acara dilanjutkan di Kopi Sulingan, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo untuk materi Fotografi dan Birdwatching oleh Ignatius Dwiwardhana. Dalam kegiatan ini partisipan mendapat materi tentang dasar-dasar fotografi yang dilakukan untuk hewan liar atau wildlife photography dimana banyak aspek-aspek yang perlu diperhatikan saat akan mengambil foto dari hewan liar tersebut, kemudian dijelaskan peralatan apa saja untuk kebutuhan photography wildlife animal.

Pada tanggal 1 September 2019 dilaksanakan kegiatan Birdwatching. Kegiatan birdwatching ini dibagi menjadi 3 jalur tracking dan disetiap jalurnya terdiri dari 8-10 orang. Pada kegitan ini partisipan juga melakukan identifikasi jenis-jenis burung yang ditemukan dengan dibantu oleh satu orang pemandu warga lokal dan melakukan pencatatan tentang jenis-jenis burung yang ada di daerah Jatimulyo. Setelah selesai melakukan kegiatan birdwatching, partisipan mempresentasikan foto-foto burung yang didapatkan dan cerita mengenai bagaimana mereka dapat mengambil foto tersebut. Setelah kegiatan presentasi kegiatan ORBS berakhir pada pukul 10.00 WIB.

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan maupun umum, sehingga mampu memahami metode sexing pada burung serta teknik-teknik yang benar dalam melaksanakan birdwatcing. Setelah kegiatan ini diharapkan peserta lebih peduli terhadap kelestarian satwa liar khusunya Aves.

Salam lestari!