BEM FKH UGM: Mengabdi untuk Masyarakat

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Vet Rangers Project (VRP) atau Desa Mitra, sebuah kegiatan pengabdian masyarakat kolaborasi antara BEM FKH UGM dan IMAKAHI telah dilaksanakan pada tanggal 21-22 September 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa FKH UGM terhadap kehidupan sehari-hari peternak yang berada di Dusun Dumpuh, Agrodadi, Yogyakarta, bakti sosial serta pemberian obat cacing dan vitamin pada ternak.

Penyuluhan dilaksanakan pada Jumat (20/9) pukul 8 malam, dan disampaikan oleh drh. Supriyanto kepada warga Dusun Dumpuh dan peserta VRP. Penyuluhan yang diberikan meliputi   pentingnya pemberian obat cacing, vitamin, serta cara pemeliharaan ternak yang baik. Pada hari Sabtu (21/9) pukul 7 pagi, peserta melaksanakan kegiatan pemberian obat cacing dan vaksinasi. Dari 40 peserta dibagi menjadi 4 kelompok besar berdasarkan 4 RT Dusun Dumpuh. Didampingi oleh drh. Subeno dan rekan-rekan dari Puskeswan, para mahasiswa mengitari RT masing-masing untuk memberikan obat cacing dan vitamin pada ternak-ternak yang ada. Setelah pemberian obat cacing dan vitamin, mahasiswa peserta kembali ke rumah penginapan masing-masing dan mengikuti kegiatan warga pada sore harinya.

Malam hari Sabtu (21/9), dilaksanakan pentas seni di lapangan Voli Dusun Dumpuh yang berada di RT 2. Setiap kelompok peserta VRP menampilkan kemampuan mereka di bidang teater, menyanyi, atau menari. Tidak hanya penampilan peserta VRP, warga turut menghadirkan penampilan seperti tari yang ditampilkan oleh Indonesia Menari dan Tari Caping Ayu.

Pada Minggu (22/9) di lapangan Voli RT 2, pukul 7 pagi dilakukan senam pagi bersama warga dan peserta VRP. Hal ini tidak hanya mengeratkan hubungan mahasiswa dengan warga tapi juga membentuk kesehatan jasmani. Pasar Murah dan Pengenalan Satwa juga dilaksanakan. Pasar Murah melingkupi penjualan sembako dengan harga yang lebih murah, sedangkan Pengenalan Satwa melingkupi pengenalan hewan-hewan seperti kura-kura, kadal, gecko, dan ular pada anak-anak Dusun Dumpuh.

Banyak pengalaman yang dapat diambil dalam kegiatan ini. Diharapkan setelah kegiatan ini mahasiswa dapat meningkatkan lagi rasa kekeluargaan, etika, dan tanggung jawab tidak hanya pada dirinya sendiri tapi juga pada masyarakat sekitar. Tidak hanya itu diharapkan Dusun Dumpuh dapat menjadi Desa Mitra BEM FKH UGM. Salam pengabdian!