Ramadhan di Fakultas Kedokteran Hewan 1440 H

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Pada bulan Ramadhan kemarin, Keluarga Muslim Mahasiswa Veteriner (KMMV) Fakultas Kedokteran Hewan UGM mengadakan serangkaian acara Ramadhan di Fakultas. Rangkaian acara ini berlangsung selama 2 minggu, yaitu pada tanggal 6 – 10 Mei 2019 dan 13 – 17 Mei 2019 di Masjid An-Nahl Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Ramadhan di Fakultas 1440H kali ini mengangkat tema “SHAUM” yang merupakan singkatan dari Sharing, Hone, Awareness, Uncoungerable, Maintaining. Tujuan dari diadakannya RDF ini adalah mempererat ukhuwah antar civitas akademik FKH UGM dan meningkatkan ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Kegiatan dimulai pada pukul 16.00, dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an lalu dilanjutkan acara Kuliah Ringkas Ramadhan (KURMA). Pembicara KURMA pada hari pertama adalah Ustadz AT. Maulana Dai Patroli dengan mengusung tema kajian “Keutamaan Bulan Ramadhan”. Puasa merupakan perintah dari Allah untuk menahan nafsu dari hal – hal yang membatalkan puasa dari Subuh hingga Maghrib. Ustadz Maulana menyampaikan manfaat puasa ada 3, pertama menjadikan orang yang bertaqwa, kedua mengampuni dosa-dosa yang telah lalu, dan ketiga saat puasa adalah saat dimana doa-doa kita dimustajab. Dengan manfaat-manfaat tersebut, alangkah baiknya kita menyambut bulan Ramadhan dengan suka cita. Acara tersebut berlangsung hingga pukul 17.00. Memasuki adzan Maghrib, diadakan acara berbuka bersama serta sholat Maghrib secara berjamaah. Setelah sholat Maghrib, kegiatan dilanjutkan dengan makan malam bersama dan sholat Isya secara berjamaah. Sebelum dilanjutkan sholat Tarawih, Ketua pelaksana Ramadhan di Fakultas 1440 H, Arif Muhammad Ihsan, menyampaikan sepatah dua patah kata sebagai pembuka rangkaian acara Ramadhan di Fakultas. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sholat Tarawih secara berjamaah.

Pada hari Senin, 13 Mei 2019, diadakan kajian kemuslimahan dengan pembicara Ustadzah Arni Wirasini, DKD. Kajian ini mengusung tema “Fiqih Kewanitaan : Amalan Wanita Haidh di Bulan Ramadhan”. Dalam kajian ini dikhususkan bagi akhwat(wanita) untuk membahas amalan apa saja yang harus dilakukan wanita ketika haidh di bulan Ramadhan, agar pahala tetap mengalir kepadanya. Ustadzah Arni menjelaskan ada beberapa amalan yang dapat dikerjakan wanita ketika haidh, pertama adalah memperbanyak sholawat nabi, kedua adalah memperbanyak dzikir dan berdoa, selanjutnya yaitu menyiapkan hidangan bagi orang yang berbuka, dan terakhir menambah pengetahuan dengan datang ke majelis ilmu.

Rangkaian acara terus berlanjut selama 10 hari. Pada hari ke-10, diadakan penutupan RDF oleh Ketua Pelaksana, Arif Muhammad Ihsan, dan pemberian hadiah bagi akhwat dan ikhwan yang rajin mengikuti rangkaian acara RDF. Dengan ditutupnya acara oleh Ketua Pelaksana, maka berakhirlah serangkaian kegiatan Ramadhan di Fakultas 1440 H KMMV FKH UGM. Semoga amal ibadah kita di bulan Ramadhan yang suci ini diterima Allah SWT serta masih diberi kesempatan untuk bertemu dengan Ramadhan 1441 H.

KELUARGA MAHASISWA MUSLIM VETERINER

 

Official Account

Line             : @ilr0512b
Instagram  : @kmmv_ugm
CP                : Ihsan (081377687100)