Asah Skill Praktik Lapangan Bersama Procamp Beta HSTP

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Sebagai seorang dokter hewan nantinya, pasti akan lebih banyak menemukan kasus dilapangan. Oleh sebab itu, para mahasiswa harus menambah wawasan melalui kegiatan diluar jam kuliah untuk membantu mengasah skill praktik lapangan. Melalui kegiatan procamp beta yang diadakan oleh himpunan study ternak produktif (HSTP), mahasiswa FKH UGM mencoba untuk menambah wawasan dan skill praktiknya.

Procamp beta adalah sarana untuk meningkatkan kemampuan anggota baru HSTP dalam ilmu ternak produktif yang disesuaikan dengan teori saat perkuliahan dan diterapkan dengan praktik skill dilapangan. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 11-12 Mei 2019 bertempat di Ruang 101 gedung V4 dan halaman parkir lama FKH UGM.

Pada kegiatan Procamp beta ini, tidak hanya praktik skill lapangan namun juga terdapat pemaparan materi dengan tema berbeda seputar ternak. drh. Bima Ade Rusandy menjelaskan materi ruminansia mengenai manajemen kesehatan dan pemeliharaan dari pedet yang baru lahir hingga pedet siap sapih. Selain itu, ada tiga dosen dari FKH dan Sekolah Vokasi UGM yang memberikan materi yaitu drh. Dorothea Vera Megarani, MPH memberikan materi tentang ikan hias Zebrafish (Danio rerio) yang dapat di jadikan objek penelitian, materi unggas oleh drh. Morsid Andityas, M.Sc. tentang manajemen pembudidayaan unggas dan terakhir oleh drh. Dinar Arifianto, M.Sc. tentang ruang lingkup kesehatan hewan non-ruminansia. Keempat pemateri ini juga menceritakan pengalaman yang didapat setelah memperoleh gelar dokter hewan dan menekankan bahwa profesi yang akan kita jalani adalah salah satu profesi yang berperan penting di segala bidang yang ada di dunia.

Kegiatan praktik skill lapangan yang dilakukan antara lain handling dan restrain hewan kuda, sapi dan domba, pengambilan darah, serta nekropsi ayam, ikan nila, kelinci dan domba. Kegiatan praktik ini didampingi oleh para asisten laboratorium DKV, Makroanatomi dan patologi klinik. Dari kegiatan Procamp Beta ini, para anggota baru diharapkan memperoleh wawasan tambahan tentang dunia hewan produktif yang mungkin saja belum didapat pada saat kuliah semester awal. Selain itu juga sebagai sarana untuk meningkatkan skill anggota HSTP 2019 ketika menangani kasus yang akan terjadi di lapangan nanti.

HSTP