Magang Divisi Ruminansia bersama drh. Mukhlas

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Siapa bilang belajar harus selalu di kampus? Anggota divisi Ruminansia HSTP telah mengadakan kegiatan “Magang Divisi Ruminansia” bertempat di praktik dokter hewan mandiri drh. Mukhlas Yasi Alamsyah, Getasan, Jawa Tengah. Acara tersebut merupakan sarana untuk meningkatkan skill serta salah satu program pengenalan keprofesian veteriner. Acara ini dilakukan selama dua hari, Sabtu dan Minggu.

Sebelum kegiatan lapangan dimulai, drh. Mukhlas menyampaikan materi umum secara singkat meliputi materi tentang keprofesian dan cara penanganan sapi yang benar. Beliau menyampaikan bahwa menjadi dokter hewan harus disiplin, baik di luar lapangan maupun di dalam lapangan. “Dokter hewan harus bersungguh-sungguh dalam bekerja walaupun pasiennya adalah hewan.” tambah beliau.

Kegiatan yang paling dinanti adalah ketika peserta magang diajak drh. Mukhlas  menuju rumah warga untuk terjun langsung dalam pemeriksaan sapi. Di sana, peserta magang diajari banyak hal meliputi cara anamnesa, cara penentuan body score condition pada sapi, manajemen pakan dan kandang, kesehatan reproduksi, serta pemberian obat. Setiap peserta diberi kesempatan melakukan pemeriksaan secara palpasi rektal, tentu saja dengan bimbingan drh. Mukhlas. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi materi oleh peserta dan panitia magang bersama-sama dengan drh. Mukhlas Yasi Alamsyah mengenai kasus-kasus yang terjadi selama 2 hari magang. Kasus-kasus yang telah dijumpai antara lain sapi diare, sapi masuk angin, dan sapi tidak mau makan. Dokter Mukhlas memberi tahu cara-cara menangani kasus-kasus tersebut, yaitu dapat menggunakan obat kimia maupun obat alami. Peserta magang benar-benar merasakan bagaimana menjadi dokter hewan praktik mandiri selama dua hari.

Dengan berakhirnya acara “Magang Divisi Ruminansia” ini, diharapkan peserta magang memperoleh manfaat, sehingga mereka lebih bisa mengenal dunia veteriner dan juga sebagai bekal di dunia kerja nanti.