Upgrade Skill Pengurus HSTP 2019: “Siap Mengawal Procamp Beta!”

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Upgrading skill merupakan sarana untuk meningkatkan kemampuan, komunikasi dan kecekatan para pengurus dalam ilmu ternak produktif yang sesuai dengan teori saat kuliah dan diterapkan dengan praktik langsung dilapangan yang diadakan pada tanggal 28 april 2019 bertempat di parkiran lama FKH UGM dengan bantuan dari 3 asisten Patologi klinik.

Kegiatan dimulai dengan praktik handling dan restrain ikan nila serta pengambilan darah pada 3 lokasi yaitu pada vena caudal, palatine, dan intracardiac dilanjutkan praktik handling dan restrain pada mencit dengan memegang erat ekor dan subcutan leher mencit. Asisten menekankan bahwa handling dan restrain pada tikus berbeda dengan mencit karena ukuran tikus yang lebih besar dibanding mencit. Asisten juga mengajarkan cara pengambilan darah pada mencit, yaitu pada sinus orbitalis menggunakan mikrohematokrit serta pada ujung ekor yang biasa digunakan untuk pengambilan sampel serial. Selanjutnya asisten mengajarkan praktik handling dan restrain pada ayam, dilanjutkan dengan pengambilan darah pada vena brachialis dan intracardiaca serta tata cara emboli yang baik pada ayam. Terakhir, dilakukan nekropsi pada ketiga hewan coba untuk melihat morfologi organ dalam hewan serta mengidentifikasi kelainan pada organ dalam hewan.

Ketua HSTP sekaligus peserta acara ini Afif Dihan mengungkapkan “bahwa praktik dilapangan tidak semudah teori yang diajarkan pada saat kuliah”, karena dibutuhkan jam terbang lebih banyak sehingga dapat lebih mahir dalam praktik tersebut. Pada kegiatan upgrade skill ini para pengurus HSTP mendapat manfaat berupa peningkatan skill terhadap kasus di lapangan serta pemerataan ilmu bagi seluruh pengurus divisi dan biro. Selain itu, diharapkan melalui kegiaatan ini, pengurus juga lebih siap dalam mendampingi upgrade skill para anggota baru HSTP 2019 dalam acara Procamp Beta yang juga akan diselenggarakan oleh Biro Penelitian dan Pengembangan HSTP FKH UGM pada Bulan Mei ini.