Pengabdian Kepada Masyarakat FKH UGM di Kabupaten Wonogiri

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Wonogiri, 19 Juli 2018-Dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (FKH UGM) menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat tema “Meningkatkan Produktivitas Ternak di Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri”. Kegiatan ini disambut oleh Bupati Kabupaten Wonogiri, Bapak Joko Sutopo, yang didampingi oleh Camat Girimarto Bapak Suparmo, S. IP., MM. “Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas ternak di Girimarto, serta ke depannya dapat meningkatkan kesejahteraan peternak di Girimarto”terang Bapak Joko Sutopo dalam sambutannya.

Pengabdian Kepada Masyarakat (Pengmas) ini terdiri dari 2 kegiatan, yaitu 1) penyuluhan tentang peningkatan produktivitas serta manajemen nutrisi yang baik untuk ternak dan pembuatan biogas dan 2) juga pemeriksaan dan pengobatan ternak. Penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan ternak dilaksanakan secara paralel. “Penyuluhan tentang pengingkatan produktivitas dan manajemen nutrisi disampaikan oleh Dr.drh. Yuriadi, MP. Sedangkan penyuluhan tentang pembuatan biogas disampaikan oleh drh. Aris Purwantoro, M.Si” Terang Ketua Pelaksana Pengmas, Dr. drh. Surya Agus Prihatno, MP.

Para peternak yang memenuhi Pendopo Kecamatan Girimarto antusias mengikuti penyuluhan dan berdiskusi dengan narasumber terkait dengan manajemen, kesehatan ternak dan proses pembuatan biogas. Di tempat lain, pemeriksaan kesehatan ternak yang dikoordinir oleh drh. Erif Maha Nugraha, Ph.D. juga berlangsung  dengan lancar. “Pemeriksaaan kesehatan ternak  dilaksanakan secara bersamaan di 5 dusun di Kecamatan Girimarto berjalan lancar” terang drh. Erif. Pemeriksaan kesehatan ternak antara lain meliputi pemberian vitamin bagi hewan sehat, obat cacing dan antibiotik untuk ternak yang sakit.

Acara ini diikuti oleh para dosen FKH UGM, Mahasiswa Koasistensi Reproduksi, serta didukung oleh mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN-PPM) di bawah bimbingan drh. Medania Purwaningrum, M. Sc., salah satu dosen di FKH UGM. Selain, penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan ternak, serangkaian acara Pengmas ini dimeriahkan oleh penguhasa Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) binaan pemerintah Kabupaten Wonogiri yang memamerkan hasil-hasil UMKM berupa berbagai olahan susu sapi, makanan ringan hingga batik kualitas menengah ke atas.

Melalui kegiatan ini, diharapkan produktivitas ternak di Kecamatan Girimarto dapat meningkat. Selain itu, melalui kegiatan ini dan para dosen dapat meningkatkan perannya dalam mengabdi kepada masyarakat sebagai salah satu tugas dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Kegiatan Pengmas berjalan dengan lancar, semoga senantiasa memberikan manfaat bagi Kecamatan Girimarto dan juga bagi civitas akademika FKH UGM. Ucapan terima kasih dihaturkan kepada Pimpinan FKH UGM, Pemerintah Kabupaten Wonogiri, para dosen FKH UGM, PT. TMC dan PT. SHS Indonesia, mahasiswa KKN-PPM UGM 2018 dan segenap panitia”tutup Dr. drh. Surya Agus Prihatno, MP.(IP)