Expo dan Pet Show 2024: Ajang Seru Pecinta Hewan

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Sebagai salah satu rangkaian Dies Natalis ke-78, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (FKH-UGM) mengadakan Expo dan Pet Show yang merebutkan Piala Dekan FKH 2024. Kegiatan Expo dan Pet Show merupakan acara yang pertama kali digelar di Yogyakarta yaitu pada tanggal 19 dan 20 September 2024 dan bertempat di Transmart Maguwo. Kegiatan Expo dan Pet Show dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran Hewan, Prof. drh. Teguh Budipitojo, M.P., Ph.D. Dalam sambutannya, Prof. Teguh menyatakan bahwa kegiatan Expo dan Pet Show merupakan bentuk dari pengabdian dan kepedulian FKH UGM yang melibatkan para dokter hewan, industri pakan dan obat hewan dan pemilik hewan untuk berinteraksi satu sama lain dalam memberikan informasi terkait hewan peliharaannya. (SDGs  15: Ekosistem Daratan)

Adapun rangkaian kegiatan ini diisi oleh talkshow dan berbagai perlombaan seperti lomba makan untuk anjing, kucing, dan kura-kura serta fashion show kucing dan anjing. Lomba ini diadakan dengan tujuan mempererat hubungan antara pemilik dengan hewan kesayangannya. Talkshow #1 pada hari Kamis, 19 September 2024 mengenai cara merawat anabul agar selalu sehat dengan narasumber drh. Radhiyan, Pemilik Radhiyan Pet and Care dan Talkshow #2 mengenai memahami perilaku dan keinginan anak bulu (anabul) oleh drh. Agnes Sri Budiastri Cahyaningtyas. Kemudian hari kedua, Jumat 20 September 2024 berisi talkshow #3 mengenai steril hewan peliharaan oleh drh. Cynthia dari PT. MARS Pet Nutrition. (SDGs 4: Pendidikan Berkualitas).

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan berbagai stand yang berasal PT. Mars Pet Nutrition, PT. Kalbe Farma, Klinik PetSmile, Klinik Gratia, hingga Ibarbo Park. Pengunjung bisa mendapatkan informasi seputar perawatan hewan peliharaan, serta mengikuti berbagai diskusi interaktif bersama dokter hewan dan praktisi di bidang perawatan hewan. Selain itu, klinik-klinik hewan yang hadir dapat mengedukasi pengunjung terkait vaksinasi, perawatan kesehatan serta pentingnya sterilisasi. Selain perlombaan, acara ini juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat mengenai pentingnya kesejahteraan hewan peliharaan. Acara ini ditutup dengan pemberian penghargaan kepada pemenang kompetisi serta donasi makanan kepada beberapa shelter hewan. Panitia berharap kegiatan ini dapat terus diadakan setiap tahunnya sebagai wadah untuk para pencinta hewan dan komunitas pencinta satwa. (SDGs 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan).

Baca juga : Lucunya Adu Ketangkasan Hewan Peliharaan dalam Dies Natalis FKH UGM ke-78

Penulis : Yanis Ramadhanti