Kontribusi FKH UGM Dalam Pengendalian PMK di Jawa Tengah

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah mengadakan BIMTEK Vaksinasi PMK, Kamis, 09 Maret 2023. Pada acara ini menghadirkan Narasumber Prof. Dr. drh. Aris Haryanto M.Si mewakili FKH UGM Yogyakarta dengan materi Pokok-pokok pikiran & inovasi penanggulangan penyakit hewan berkelanjutan. Narasumber lainnya yaitu AKBP drh. Priyono Teguh W, SH mewakili Polda Jateng, dengan materi Dukungan Kepolisian RI dalam penanggulangan PMK di Jawa Tengan melalui Bhabinkamtibmas. Sedangkan Letkol Inf. Sutan P Siregar, SIP mewakili Kodam IV Dipenogoro memberi materi Pengawalan Pengendalian wabah PMK di Jawa Tengan melaui Babinsa.

 

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) menggenjot capaian vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) dengan berkolaborasi bersama Pemkab/Pemkot serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang tersebar di seluruh desa/kelurahan. Sekretaris Daerah Jawa Tengah , Sumarno mengatakan pihaknya mempercepat pelaksanaan vaksinasi PMK supaya Jateng akan kembali mendapatkan droping vaksin dari Pemerintah Pusat.

Kegiatan Bimbingan Teknis Vaksinasi PMK itu menjadi momentum untuk  mengevaluasi pelaksanaan vaksinasi pada 2022, termasuk mengidentifikasi berbagai hal yang menjadi kendala percepatan vaksinasi di 35 kabupaten dan kota di Jateng. “Kami tetap memohon semangat kepada semuanya, karena ini bagian amanah yang harus kita lakukan untuk mengendalikan dan mencegah penyebaran PMK” pinta beliau.

Untuk melangkah pada 2023, lanjut beliau, berbagai keberhasilan itu menjadi pijakan langkah pada tahun berikutnya. Kecepatan dalam penanganan harus terus ditingkatkan agar tidak ada peningkatan kasus PMK di Jateng.

 

Penulis: Damar