KSHK Pet Animal Intermediate Study (PAIS) : “Nutrition and Medication on Pet Animal”

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Pada hari Minggu, 20 November 2022 telah dilaksanakan Pet Animal Intermediate Study (PAIS) oleh Departemen Pendidikan Kelompok Studi Hewan Kesayangan (KSHK) Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada yang mengusung tema Nutrition and Medication on Pet Animal. Kegiatan PAIS kali ini sudah dapat kembali dilaksanakan secara luring (offline) dikarenakan kondisi terkait pandemi COVID-19 di seluruh dunia, khususnya di Indonesia saat ini sudah dalam kondisi yang semakin membaik. PAIS kali ini dilaksanakan satu rangkaian dengan Makrab KSHK 2022 di Willhouse Villa Jl. Boyong, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada pukul 08.45-11.00 WIB yang diikuti oleh 56 anggota KSHK terdiri dari 12 panitia dan 44 peserta.

Praktik Pemeriksaan Hewan Kesayangan

Pelaksanakan PAIS tahun ini diisi dengan pemaparan materi dari pembicara yang sangat luar biasa, yaitu Saudari Shafira Salwa Salsabil yang membawakan materi Nutrition and Medication on Pet Animal. Setelah sesi pemaparan materi selesai dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan pembicara. Sebanyak 3 orang peserta dengan pertanyaan terbaik menurut pembicara mendapatkan hadiah yang telah disiapkan oleh panitia. Kegiatan PAIS ini memberikan manfaat bagi KSHK beserta anggotanya yaitu guna memenuhi program kerja KSHK 2022 dan sebagai wadah pendidikan tersendiri untuk para anggota dalam rangka menambah pengetahuan dan bekal dalam pelatihan maupun praktik. Sementara bagi FKH UGM, kegiatan ini merupakan sarana untuk menyiapkan bekal bagi para mahasiswanya mengenai keprofesian di bidang klinik veteriner terutama pada hewan kesayangan, sehingga para mahasiswa sudah mempunyai gambaran tentang berbagai macam pekerjaan seorang dokter hewan sebelum lulus dan menjadi lebih fokus pada pilihannya.

Rangkaian kegiatan PAIS kali ini juga diisi dengan sesi praktik pemeriksaan di bawah bimbingan para trainer yang berpengalaman dimana tiap trainer dibagi ke dalam kelompok untuk memberikan penjelasan kepada para peserta dari kelompoknya masing-masing terkait cara-cara memberikan obat pada hewan kesayangan, serta menunjukkan bagaimana praktik pemeriksaan tersebut dilakukan secara langsung (Hands On) kepada anjing dan kucing yang telah disediakan pada kegiatan tersebut.

Sesi Penyampaian Materi Oleh Saudari Shafira Salwa Salsabil

Kegiatan PAIS telah terlaksana dengan lancar dan diikuti dengan baik oleh para peserta. Selepas dari diadakannya kegitan ini, peserta mendapatkan banyak ilmu baru yang berkaitan dengan Nutrition and Medication on Pet Animal. Penyampaian materi dari pembicara dilakukan dengan maksimal, dimana dari pembicara sendiri juga telah memberi informasi tambahan dalam bentuk video kepada para peserta sehingga memberikan gambaran mengenai materi yang dibawakan.