Mengenal Pedet “Bagong” alias “Cepi” – Ikon Baru FKH UGM

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Bagi para mahasiswa, karyawan maupun dosen yang hampir setiap hari datang ke kampus FKH UGM, pasti tidak asing dengan “Cepi”, seekor pedet (anak sapi) yang lahir di Kandang Unit Pendidikan dan Pelatihan Kesehatan Hewan (UP2KH) FKH UGM yang kemudian sekarang menjadi ikon dari kampus ungu kita ini.

Mahasiswa terlihat bermain dengan “Bagong” di depan Kandang UP2KH FKH UGM

Sebelum lebih dikenal dengan nama Cepi si Sapi, anak sapi ini dinamai Bagong yang memiliki kode identitas 0007. Bagong merupakan sapi keturunan bangsa Peranakan Ongole (PO) dengan jenis kelamin jantan, lahir di Kandang UP2KH FKH UGM pada 24 Juni 2022, tepatnya pada pukul 23.45.51 WIB. Induk dari Bagong bernama “Sapi Aidah” dari hasil perkawinan melalui Inseminasi Buatan.

Bagong kerap kali dibiarkan berkeliaran bebas di halaman UP2KH FKH UGM, sehingga tentunya mudah dijumpai oleh mahasiswa yang sedang melintas. Tidak jarang pula Bagong ditemui sedang merumput atau sekedar bersantai bersama induknya di kandang.

“Bagong” terlihat bersantai dan merumput di sekitar kandang

Kehadiran Bagong membawa warna tersendiri bagi kehidupan civitas akademika FKH UGM. Seperti tema World Animal Day 2022 yang diperingati pada 4 Oktober yang lalu, “A Shared Planet”, kehadiran Bagong menjadi pengingat bahwa kita (manusia) hidup berdampingan dengan makhluk hidup lain. Interaksi yang baik antara Bagong dengan mahasiswa, khususnya mahasiswa FKH UGM, menjadi salah satu langkah awal dalam menumbuhkan rasa kasih sayang pada sesama makhluk hidup, demi mewujudkan bumi yang nyaman untuk kehidupan bersama.

Marilah mewujudkan kehidupan bumi yang lebih ramah untuk sesama makhluk hidup, dan menyejahterakan manusia melalui kesejahteraan hewan.

Manusya Mriga Satwa Sewaka, Viva Veteriner!

Penulis: Jacyntha Orinetha

Editor: drh. Amanda Faradifa