Magang Akuatik 2019

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Divisi Akuatik Himpunan Studi Ternak Produktif (HSTP) Fakultas Kedokteran Hewan UGM baru saja mengadakan kegiatan “Magang Akuatik” di Pokpadakan Mina Karya, Berbah, Sleman. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan ruang lingkup kerja kedokteran hewan, meningkatkan minat bakat dalam dunia perikanan, serta mengetahui cara berwirausaha di bidang perikanan. Kegiatan berlangsung selama 2 hari diikuti kurang lebih 15 peserta anggota HSTP Divisi Akuatik FKH UGM periode 2019.

Acara magang ini membahas tentang budidaya ikan koi dan ikan arwana. Pembicara pada kegiatan ini adalah Bapak Santosa selaku perintis dan pemilik Pokpadakan Mina Karya. Pada hari pertama beliau memaparkan materi mengenai manajemen perawatan ikan koi dan ikan irwana, cara pemijahan ikan koi dan ikan arwana dilanjutkan dengan praktik pemindahan anakan ikan koi berumur 3 minggu ke kolam yang lebih kecil untuk diseleksi lebih lanjut. Bapak Santosa menjelaskan bahwa keunikan dari ikan koi adalah pada jenis dan lurik-lurik warnanya karena disitulah letak seninya, “Ikan koi itu seperti manusia, antara satu dengan yang lain memiliki perbedaan yang sangat menciri. Semakin unik warnanya semakin mahal harganya”, imbuhnya. Sedangkan hal terpenting dalam budidaya ikan arwana adalah pada proses pemijahan yang tidak bias dilakukan di sembarang musim, “Hidup ikan arwana bergantung pada PH air kolam. Ikan arwana akan mati jika hidup di PH air yang tidak cocok sehingga ikan ini susah-susah gampang untuk dipelihara. Musim yang sangat cocok untuk kawin ikan arwana adalah musim hujan”, terangnya.

Pada hari kedua sekaligus hari terakhir, peserta diberi kesempatan untuk praktik memanen ikan nila kecil di kolam untuk pakan ikan irwana. Peserta juga diberi kesempatan untuk belajar menguras kolam dan membersihkannya. Pemberian pakan ikan arwana hanya dilakukan satu kali sehari di sore hari sedangkan untuk ikan koi sendiri dua kali sehari dengan pelet.

Acara magang ini tentu diharapkan bisa memberi manfaat bagi peserta untuk menambah ilmu dan wawasan mengenai budidaya ikan koi dan ikan arwana baru lagi.