Workshop Jurnalistik : Jurnalis yang Kritis dan Kreatif

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Workshop Jurnalistik adalah kegiatan yang wajib diikuti seluruh anggota Badan Penerbitan Pers Mahasiswa (BPPM) FKH UGM khususnya para anggota muda untuk memperdalam pengetahuan dan kemampuan jurnalistik mereka. Kegiatan ini dilaksanakan dua hari pada tanggal 12 dan 19 April 2019. Workshop ini diisi oleh pembicara dari BPPM Balairung, senior dan alumni BPPM FKH UGM. Pembicara membawakan materi mengenai kepenulisan berita, kode etik jurnalistik, peranan pimpinan redaksi, dan pembuatan majalah.

Kegiatan dimulai dengan doa pembuka dan sambutan oleh Ketua Divisi Jurnalistik. Selanjutnya, sesi pertama diisi oleh Pimpinan Redaksi BPPM Balairung. Sesi ini membahas mengenai susunan redaksi pembuatan majalah beserta peran dan tanggung jawab masing-masing. Penulisan artikel, berita juga disampaikan dengan detail mulai dari menyusun konsep artikel yang akan diangkat, siapa narasumber yang sebaiknya diwawancarai, dan bagaimana cara bersikap kritis tapi tidak egois (memaksakan pendapat pribadi). Berita yang diangkat harus bersifat obyektif, netral, dan bersumber yang jelas. Sesi pertama diakhiri dengan masing-masing peserta merancang pengangkatan sebuah isu atau hal yang sedang menjadi topik pembicaraan belakangan ini khususnya bertemakan konflik hewan dan manusia, kemudian dievaluasi bersama. Sesi kedua diisi oleh Layouter BPPM Balairung. Pada sesi ini pembicara membahas tentang bagaimana cara membuat tampilan berita yang menarik dan unik namun tetap nyaman dibaca. Tampilan berita tidak hanya tentang warna dan gambar, tapi juga tentang font, size font, berapa kolom yang sebaiknya digunakan, dan margin.

Hari kedua kegiatan workshop diisi oleh para alumni BPPM FKH UGM dengan bahasan pembuatan majalah. Setelah rangkaian workshop berakhir, diharapkan anggota BPPM FKH UGM dapat memproduksi buletin (B-Vet) dan majalah (Medivet) yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

 

Contact person : bppmfkhugm@yahoo.co.id

Hessy (085729912122)