KMMV FKH UGM BEKERJASAMA DENGAN YOFI DAN IMAKAHI MELAKSANAKAN KEGIATAN ISRA’ MI’RAJ 1440 H

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Keluarga Mahasiswa Muslim Veteriner (KMMV) Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UGM melaksanakan kegiatan Isra’ Mi’raj pada hari Sabtu, 13 April 2019 (7 Sya’ban 1440 H) di Pesantren Ash-Sholihah, Yogyakarta. Kegiatan Isra Mi’raj ini diadakan untuk mempererat silaturahmi terutama anggota KMMV dengan anak-anak di Panti Asuhan Ash–Sholihah. Selain itu, kegiatan ini sebagai sarana berdakwah dalam momentum memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini dilaksanakan bersama-sama dengan panitia dari Youth Farmer Indonesia (YOFI) dan IMAKAHI.

Kegiatan Isra’ Mi’raj ini bertemakan Hikmah Isra’ Mi’raj Sebagai Sarana Ukhwah Islamiyah dan Proses Belajar Menanamkan Akhlakul Karimah Pada Generasi Muda. Kegiatan dimulai dengan pembukaan dan perkenalan panitia KMMV FKH UGM dan dilanjutkan acara games, kelasi nspirasi, dan kajian. Peserta pada kegiatan Isra’ Mi’raj ini adalah anak-anak usia SD hingga MA. Ada empat games yang diadakan panitia yaitu acak rukun, mewarnai, balap sarung, dan tebak gaya. Saat games berlangsung, anak-anak yang nampak antusias dan bersemangat. Games ini diadakan untuk melatih kekompakan dan kerjasama antar peserta.

Anak-anak yang mengikuti kelas inspirasi juga nampak antusias. Materi disampaikan oleh drh. Bima yang merupakan anggota dari YOFI. Beliau berbagi pengalaman mengenai bagaimana mengembangkan wirausaha di dunia peternakan dan cara memulai usaha di bidang peternakan. Adanya kelas inspirasi ini diharapkan dapat menanamkan akhlak ulkarimah kepada anak-anak sejak dini dan menumbuhkan minat dalam wirausaha peternakan.

Rangkaian acara selanjutnya yaitu kajian yang diisi oleh Mas Abdurrahman Hanif. Mas Hanif menyampaikan mengenai kisah terjadinya Isra’ Mi’raj dan implementasi hijrahnya rasul dalam kehidupan di Era Milenial. Kegiatan ini lalu ditutup dengan pembagian doorprize kepada peserta yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Mas Hanif. Hingga acara ini berakhir anak-anak terlihat masih antusias dan mengikuti rangkaian acara dengan semangat.

Menurut para panitia kegiatan ini sangat bermanfaat, baik bagi anggota KMMV FKH UGM maupun anak-anak Pesantren Ash-Sholihah. Melalui kegiatan Isra’ Mi’raj ini, anggota KMMV FKH UGM dapat melatih diri untuk berempati dan berbagi terhadap sesama sehingga kedepan dapat menjadi pribadi yang lebih beriman dan berakhlak karimah.