FunVets #1 merupakan salah satu program kerja tahunan dari Kelompok Studi Hewan Kesayangan (KSHK) Fakultas Kedokteran Hewan UGM yang diselenggarakan oleh Departemen Media dan Desain. Program ini bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai isu animal welfare yang sering terjadi pada hewan kesayangan melalui media komik yang diunggah di akun Instagram dan X KSHK serta poster komik yang dipasang di papan pengumuman Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Dengan cara ini, informasi dapat disampaikan secara lebih menarik dan mudah diakses oleh masyarakat luas.

Kegiatan FunVets #1 tahun 2025 dilaksanakan pada Rabu, 28 Mei 2025. Komik yang ditampilkan mengusung tema “Recognizing and Handling Psychological Abuse in Pet Animals” yang membahas isu kekerasan terhadap hewan kesayangan, baik secara fisik maupun psikis yang marak terjadi belakangan ini. Tema ini juga mengupas faktor-faktor penyebab kekerasan, dampak yang ditimbulkan pada hewan, serta cara-cara penanganan yang tepat.

Materi untuk pembuatan komik FunVets #1 berasal dari hasil Kajian Strategis (Kastrat) #1. Kastrat sendiri merupakan kegiatan non-program kerja dari Departemen Minat dan Bakat Kelompok Studi Hewan Kesayangan (KSHK). Kesimpulan dari pembahasan materi dalam kegiatan ini kemudian diadaptasi menjadi sebuah komik yang menarik dan mudah dipahami agar informasi yang diperoleh dari Kastrat dapat disampaikan secara efektif kepada masyarakat luas.

Pada akhir halaman komik, disisipkan kuis berupa pertanyaan yang dapat dijawab oleh audiens di kolom komentar. Selama periode publikasi FunVets #1, setiap orang yang memberikan jawaban berkesempatan untuk memenangkan doorprize dari panitia FunVets #1.

Melalui kegiatan FunVets #1 ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat dari berbagai kalangan mengenai kasus kekerasan yang sering terjadi pada hewan kesayangan. Dengan begitu, apabila terjadi kasus serupa, masyarakat dapat melakukan penanganan yang lebih tepat dan bertanggung jawab. Selain memberikan manfaat di bidang pengetahuan, kegiatan ini juga mendorong inovasi mahasiswa dalam mengolah materi dari hasil diskusi yang kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana, informatif, dan mudah diakses oleh masyarakat luas.

Kegiatan FunVets #1 sejalan dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) terutama poin 3, 4, 9,10, dan 15. Mempelajari mengenai kekerasan yang dapat menimpa hewan merupakan bentuk perwujudan untuk mencapai Kehidupan Sehat dan Sejahtera (SDGs: 3), terutama yang berkaitan dengan Ekosistem Darat (SDGs: 15), khususnya hewan kesayangan. Melalui penyampaian edukasi yang menarik dan mudah diakses dalam bentuk komik, program ini mendukung SDGs 4: Pendidikan Berkualitas dengan memberikan informasi yang relevan dan mudah dipahami oleh masyarakat luas. Di sisi lain, penggunaan media sosial serta transformasi materi diskusi kompleks menjadi konten kreatif mencerminkan SDGs 9: Infrastuktur, Industri, dan Inovasi karena memanfaatkan teknologi dan inovasi digital untuk penyebaran ilmu. Selain itu, dengan menjangkau berbagai kalangan tanpa batasan latar belakang, kegiatan ini turut mendukung SDGs 10: Berkurangnya Kesenjangan, khususnya dalam hal akses terhadap informasi dan peningkatan kesadaran mengenai isu kesejahteraan hewan di tengah masyarakat.