World Rabies Day, Sterilisasi dan Vaksinasi Rabies Gratis untuk Kucing di UGM.

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Yogyakarta (28/09/2024), Fakultas Kedokteran Hewan UGM menyelenggarakan kegiatan Sterilisasi kucing liar di area kampus UGM dan vaksinasi rabies. Kegiatan yang diselenggarakan di Rumah Sakit Hewan Prof. Soeparwi dan di FKH ini merupakan rangkaian dalam memperingati Dies Natalis FKH UGM ke-78 sekaligus peringatan World Rabies Day 2024. Kegiatan ini mentargetkan kucing liar di area kampus UGM dengan tujuan membantu mengatasi  populasi kucing yang berlebihan di lingkungan kampus. Seperti yang disampaikan oleh Dr. drh. Widagdo Sri Nugroho, M.P selaku Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset dan Sumber Daya Manusia FKH UGM,  “Kegiatan ini merupakan upaya FKH  untuk membantu UGM mengendalikan populasi kucing di kampus. Sehingga meskipun ada kucing, tetapi kita nyaman karena mengurangi peluang bertambah banyak dan perkembangbiakan kucing di kampus.” ungkapnya.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini diselenggarakan dengan kerjasama antara FKH UGM dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang D.I. Yogyakarta, dan melibatkan 12 dokter hewan pelaksana, 18 koasistensi serta mahasiswa S1 dari UKM Kelompok Studi Hewan Kesayangan (KSHK) dalam perawatan pasca operasi. Ketua PDHI DIY, drh. Aniq Syihabuddin, dalam wawancaranya mengatakan kegiatan ini dilaksanakan di kampus dikarenakan banyaknya kucing yang diberikan street-feeding oleh para pecinta kucing di UGM. Oleh karena itu, populasinya perlu dikendalikan dengan sterilisasi agar tidak menyebabkan masalah lingkungan maupun masalah kesehatan kucing itu sendiri. Selain itu pemberian vaksinasi rabies pada kucing-kucing di kampus penting dilakukan untuk mencegah penularan rabies ke manusia melalui kucing. Vaksinasi rabies membantu mengurangi risiko penyebaran penyakit zoonosis, melindungi kesehatan hewan dan manusia. Hal ini secara tidak langsung mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) 3, Good Health and Well-being.

 

Kerjasama ini merupakan upaya untuk mensinergikan kegiatan FKH UGM dan PDHI D.I Yogyakarta sehingga bisa semakin meluas, tidak hanya di lingkungan kampus tetapi juga di masyarakat umum  untuk membantu mengendalikan populasi kucing serta meningkatkan ketahanan hewan kesayangan terhadap penyakit rabies dengan program vaksinasi gratis.  Program ini akan dilanjutkan secara berkala demi mencapai tujuan jangka panjang dalam pengelolaan populasi kucing, membantu menjaga keseimbangan ekosistem, mencegah dampak negatif pada biodiversitas serta berkontribusi pada lingkungan perkotaan yang lebih bersih dan aman. Hal ini selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) 15, Life on Land  dan SDGs 11, Sustainable Cities and Communities.

Keterlibatan mahasiswa dalam program sterilisasi kucing dapat menjadi kesempatan untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang kesejahteraan hewan dan pentingnya pengendalian populasi hewan, serta memperoleh pengalaman praktis yang mendukung pendidikan mereka di bidang kedokteran hewan selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) 4, Quality Education. Tamam, salah satu koasistensi yang terlibat mengatakan, kegiatan ini memberikan kesempatan baginya untuk mempraktekkan secara langsung beberapa langkah operasi di antaranya incisi abdomen kucing dan ligasi uterus.

 

Penulis: Laila Nur Fatimah