World Veterinary Day 2024: “Veterinary Statutory Body: Is it necessary?”

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

World Veterinary Day 2024 merupakan suatu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada dalam rangka memperingati hari kedokteran hewan sedunia yang dilaksanakan setiap tahunnya. Pada tahun 2024, World Veterinary Day mengangkat tema “Veterinary Statutory Body” dengan berbagai rangkaian kegiatan berupa webinar, lomba essay, lomba poster, air campaign, serta internal campaign.

Rangkaian kegiatan diawali dengan pembukaan pendaftaran lomba essay dan lomba poster dimana dari kedua lomba ini masing-masing diambil juara I, II, dan III yang diumumkan pada tanggal 26 Mei 2024 sekaligus pelaksanaan webinar. Lomba yang pertama yakni lomba penulisan essay dengan subtema “VSB Sebagai Pilar Kompetensi dan Perilaku Profesional Dokter Hewan” yang dapat diikuti oleh kalangan umum. Lomba kedua yakni lomba poster dengan subtema “Pentingnya Dokter Hewan Sebagai Tenaga Kesehatan” bagi kalangan mahasiswa.

Selanjutnya dilaksanakan internal campaign oleh anggota panitia di lingkungan Fakultas Kedokteran Hewan UGM pada tanggal 20-22 Mei 2024. Internal campaign dilakukan dengan mendatangi dan mengedukasi mahasiswa-mahasiswi Fakultas Kedokteran Hewan sepintas mengenai urgensi Veterinary Statutory Body di Indonesia, dengan permainan interaktif berhadiah merchandise stiker dan gantungan kunci World Veterinary Day 2024.

Puncak rangkaian kegiatan World Veterinary Day 2024 adalah webinar yang dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2024 melalui platform Zoom Meeting yang mengusung judul “Veterinary Statutory Body: Is It Necessary?”. Materi webinar ini disampaikan oleh Prof. Dr. drh. Ida Tjahajati, M.P selaku pembicara pertama yang menyampaikan urgensi Veterinary Statutory Body bagi dokter hewan dan paraprofesional veteriner, serta drh. Bonifasius Suli Teruli sebagai pembicara kedua yang menyampaikan urgensi Veterinary Statutory Body bagi kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Dengan pemaparan materi serta sesi tanya jawab yang telah dilaksanakan, diharapkan para peserta  dapat semakin memahami betapa pentingnya keberadaan Veterinary Statutory Body di Indonesia, yang tentunya akan sangat berpengaruh bagi para calon dokter hewan, paraprofesional veteriner, serta dokter hewan itu sendiri.

Rangkaian kegiatan World Veterinary Day 2024 ditutup dengan air campaign pada tanggal 27-31 Mei 2024, yakni penyiaran informasi dan edukasi berupa infografis yang diikuti oleh volunteer yang telah dibekali dengan materi pada webinar World Veterinary Day. Pelaksanaan air campaign dilakukan melalui media sosial para volunteer dengan tujuan menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap progress dan pentingnya Veterinary Statutory Body serta mengenalkan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada dan menjadi sarana membangun relasi bagi para volunteer.

Rangkaian kegiatan ini berkaitan dengan poin SDGs ke-4 yaitu Pendidikan Berkualitas dan SDGs ke-11 yaitu Kota dan Komunitas yang Berkelanjutan. Melalui kegiatan World Veterinary Day 2024, diberikan edukasi dan diharapkan pendidikan kedokteran hewan di Indonesia dapat dibentuk standarisasinya dengan keberadaan Veterinary Statutory Body. Selain itu, dengan keberadaan Veterinary Statutory Body diharapkan akan memperkuat komunitas dokter hewan serta terciptanya dokter-dokter hewan yang berkualitas dan dapat berkontribusi dalam memajukan bangsa Indonesia.

Walaupun terdapat beberapa masalah dalam persiapannya, acara ini terbilang sukses dan lancar dalam pelaksanaannya. Berkat dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak, kegiatan World Veterinary Day 2024 dapat terlaksana dengan baik tanpa kendala yang berarti.