Aksi Nyata FKH UGM dan GAMAVET (Keluarga Almuni FKH UGM ) Untuk Mahasiswa FKH di Masa darurat COVID19

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Yogyakarta, 01/05/2019- Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada dan para alumni Gadjah Mada Veterinarian (Gamavet) melakukan berbagai koordinasi penggalangan dana untuk membantu mahasiswa yang terdampak Pandemi Covid-19. Aksi kepedulian ini dilatarbelakangi pemikiran bahwa saat ini mahasiswa merupakan kelompok rentan yang harus diperhatikan. Seiring dengan penerapan imbauan pemerintah untuk menjaga jarak dan mengurangi aktivitas di luar rumah, banyak warung-warung makan yang tutup sehingga kemudahan membeli makanan menjadi berkurang. Hal ini tentu akan berdampak terhadap status gizi mahasiswa yang seharusnya mencukupi nutrisinya dengan baik selama pandemi ini. Mahasiswa perantauan juga harus bertahan dan berhemat dengan baik selepas adanya larangan mudik (pulang ke kampung halaman) di Indonesia.

 

Pemikiran-pemikiran tersebut kemudian menggerakkan hati para alumni untuk turut aktif berperan serta mendukung para mahasiswa. Sejumlah 200 paket sembako diberikan kepada mahasiswa yang memerlukan bantuan. Pihak Fakultas bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiwa (BEM), Ketua Angkatan, dan Para Relawan Mahasiswa dalam hal pendataan mahasiswa dan penyerahan paket sembako. Proses penyerahan paket sembako yang dilengkapi juga dengan pemberian masker kain telah dilakukan pada tanggal 8-9 April 2020 dengan tetap memperhatikan imbauan pemerintah untuk menerapkan physical distancing.

Kepedulian FKH kepada mahasiswa tidak hanya diwujudkan dalam pemberian paket sembako, tetapi juga dukungan pulsa internet kepada mahasiswa, termasuk mahasiswa PPDH dan Pascasarjana. Bantuan pulsa diberikan kepada 746 mahasiswa pada tahap pertama dan akan dilakukan kembali pada tahap ke-2. Besaran dukungan pulsa internet sebesar 50.000 – 150.000 rupiah/bulan disesuaikan dengan UKT masing-masing mahasiswa. Dukungan pulsa ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam sistem pembelajaran daring maupun jaringan komunikasi dengan orangtua, keluarga, juga mendukung koordinasi dengan pihak Fakultas maupun Universitas.

Berbagai hal yang terus dilakukan ini merupakan salah satu perwujudan gotong royong sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang dijunjung tinggi oleh Universitas Gadjah Mada. Hal yang mengerikan dalam situasi pandemi penyakit bukan hanya kematian, tetapi matinya kepedulian dan padamnya empati, oleh karena itu mari bersama, bahu-membahu, hadapi virus corona, Indonesia pasti Bisa! (Vista Budiariati)