HORSE CARE DAY 2019

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Divisi Non Ruminansia Himpunan Studi Ternak Produktif (HSTP) FKH UGM baru saja melaksanakan kegiatan Horse Care Day 2019. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk memperkenalkan manajemen pemeliharaan kuda dan ruang lingkup kerja dokter hewan dalam bidang peternakan kuda. Kegiatan yang berlangsung pada Minggu, 3 November 2019 ini diikuti oleh 30 peserta yang merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UGM angkatan 2018 dan 2019.

Kegiatan HCD 2019 bertempat di Eclipse Stud and Stable, Ngemplak, Boyolali yang  dimulai pukul 09.30 WIB. Materi pertama disampaikan oleh drh. Dinar Arifianto, M. Sc. selaku dosen FKH UGM  yang menjelaskan tentang Manajemen Perawatan dan Kesehatan Kuda. “Kolik merupakan kondisi tidak nyaman yang dialami kuda pada bagian abdomen. Hal tersebut dapat diakibatkan salah satunya oleh kualitas pakan.”, terang drh. Dinar. Sedangkan materi kedua dibawakan oleh dokter hewan Eclipse Stud and Stable, drh. Elita Setya Wuryaningrum yang menyampaikan tentang Reproduksi dan USG Kuda. Kegiatan dilanjutkan dengan demo general meliputi pemeriksaan umum oleh drh. Dinar dan USG oleh drh. Elita. Dalam hal ini, peserta diajak untuk mengamati secara langsung kesehatan kuda dan melakukan sendiri pemeriksaan seperti mengukur detak jantung kuda. Selain itu, peserta juga dapat ikut melihat kondisi kebuntingan kuda dalam pemeriksaan USG bersama drh Elita.

Tak hanya itu saja, peserta juga diberi kesempatan untuk mengikuti sesi mengenal kuda lebih dekat dengan melakukan pemeriksaan secara langsung seperti pengecekan detak jantung, frekuensi nafas, temperatur, maupun pemeriksaan keadaan umum kuda. Dalam sesi ini peserta didampingi oleh Asisten Diagnosa Klinik Veteriner FKH UGM yang juga memberikan kesempatan peserta untuk melakukan grooming pada kuda-kuda Eclipse Stable. Selain itu, seluruh peserta dapat melihat secara langsung proses perkawinan kuda-kuda Eclipse Stable. Hal yang tak kalah menariknya yaitu dua peserta yang aktif dalam mengikuti rangkaian acara HCD 2019 berhak mendapatkan kesempatan untuk menunggang kuda didampingi oleh anak kandang.

Acara diakhiri dengan sesi foto bersama pada pukul 15.30 WIB. Dengan diadakannya acara Horse Care Day 2019 ini, diharapkan mahasiswa dapat mengenal kuda lebih dekat dan mengetahui peran dokter hewan dalam bidang peternakan kuda. Horse Care Day 2019? Getting to know horse is fun!