BEM FKH UGM menyelenggarakan “BEM Sekolah”!

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Minggu, 17 Maret 2019, Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa BEM FKH UGM menyelenggarakan acara yang diberi nama “BEM Sekolah”. BEM Sekolah merupakan kegiatan pembekalan pengetahuan yang diberikan kepada seluruh pengurus kabinet BEM FKH UGM di awal kepengurusan. Acara ini berlangsung di ruang FGD, Gedung V4, Fakultas Kedokteran Hewan UGM. Kegiatan ini dihadiri oleh 41 orang peserta dari total 68 pengurus kabinet BEM FKH UGM. Tema BEM Sekolah tahun ini adalah “Orcatara Bersinergi”.

Kegiatan BEM Sekolah ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama selama satu setengah jam dimulai pukul 09:00 pagi. Pada sesi ini, materi yang diberikan difokuskan untuk menambah wawasan bagi pengurus di Kementerian Kewirausahaan, Kementerian Jaringan dan Media, dan Kementerian Kajian Strategis BEM FKH UGM. Narasumber yang dihadirkan dan materi yang diberikan sangat relevan dengan kebutuhan masing-masing kementerian yang ada. Mohammad Ganiswara Afif Kharisma, Menteri Ekonomi Kreatif BEM KM UGM 2018, menyampaiakan materi tentang kegiatan kewirausahaan yang bisa dijalankan di kampus. Dua materi yang lain tentang media dasar dan hubungan eksternal serta arti penting sebuah kajian disampaikan oleh Mahardika Agil Bima selaku Menteri Koordinator Bidang Pengembangan Organisasi BEM KM UGM 2018 dan Rafif Naufal Dani selaku Kepala Departemen Kajian Strategis BEM FKH UGM 2018. Sesi pemaparan materi dan diskusi berjalan sangat dinamis dan menarik.

Pada sesi kedua yang dimulai lima belas menit setelah sesi pertama berakhir, narasumber memaparkan materi-materi untuk tiga kementerian lainnya, yaitu Kementerian Minat dan Bakat, Kementerian Sosial Masyarakat, dan Kementerian Advokasi. Materi yang diberikan antara lain mengenai arah gerak dasar minat dan bakat, pendekatan dan pengembangan desa mitra, serta advokasi dasar dan negosiasi. Pada sesi ini, panitia menghadirkan Amadea Risanggita Kinanthi selaku Kepala Departemen Minat dan Bakat BEM BIOLOGI UGM 2018, Kristianto selaku Menteri Pengembangan Desa Mitra BEM KM UGM 2019, dan Alfiyatul Laeli Mutafa’ah selaku Koordinator Forum Advokasi UGM 2018 sebagai narasumber selanjutnya. Kegiatan BEM Sekolah ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat dan kenang-kenangan bagi seluruh narasumber serta foto bersama.

Menurut Balqis Bahiya, salah satu staff Kementerian Kajian Strategis BEM FKH UGM, kegiatan BEM Sekolah dirasa sangat bermanfaat sehingga diharapkan tahun-tahun selanjutnya bisa mengundang banyak narasumber inspiratif lainnya. Setelah terselenggaranya acara ini, masing-masing kementerian dalam BEM FKH UGM diharapkan mampu meningkatkan kualitas diri serta organisasi demi FKH yang  lebih baik.