POULTRY DAY 2024: VAKSIN UNTUK MENCAPAI IMMUNITY HERD PADA UNGGAS

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Poultry Day Himpunan Studi Ternak Produktif (HSTP) 2024 merupakan program kerja dari Divisi Unggas HSTP FKH UGM yang pada tahun ini dilaksanakan secara luring dengan tema “Problematika dan Optimalisasi Pemberian Vaksin untuk Mencapai Immunity Herd pada Unggas” yang diharapkan dapat menjadi suatu media pembelajaran dalam hal seputar ternak produktif unggas. Kegiatan ini memberi kesempatan kepada peserta untuk dapat menggali ilmu dan keterampilan lebih dalam terkait dunia keprofesian veteriner terutama tentang problematika dan optimalisasi pemberian vaksin pada hewan ternak unggas.

Poultry Day dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 Mei 2024. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 43 peserta dari kalangan internal HSTP dan mahasiswa FKH UGM. Seminar Poultry Day 2024 ini mengundang drh. Zahrul Anwar sebagai pembicara.

Sesi Penyampaian Materi Vaksinasi Pada Ayam

Acara Poultry Day 2024 dimulai dengan pembukaan dan doa yang dipandu oleh MC, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia raya dan Hymne Gadjah Mada. Kemudian, acara dilanjut dengan sambutan dari ketua Poultry Day 2024 dan ketua HSTP 2024/2025.  Sesi penyampaian materi oleh drh. Zahrul Anwar dengan topik vaksinasi pada ayam meliputi pengenalan penyakit, pengendalian penyakit, pengenalan vaksin, dan pengenalan jenis-jenis vaksin pada ayam. Selain itu, beliau juga menyampaikan beberapa faktor keberhasilan dalam vaksinasi. Seperti yang kita ketahui, ayam adalah salah satu konsumsi terbanyak masyarakat Indonesia. Sebagai calon dokter hewan, penting untung memahami bagaimana menjaga kesehatan ungags, terutama ayam dan puyuh, dengan mempelajari lebih rinci bagaimana vaksinasi bekerja.

Sesi Praktik Vaksinasi Pada Puyuh

Sesi penyampaian materi diteruskan dengan diskusi antara peserta dan pembicara lalu ditutup sesi dokumentasi serta penyerahan sertifikat kepada pembicara oleh ketua pelaksana Poultry Day 2024.

Selanjutnya, rangkaian acara Poultry Day 2024 dilanjutkan dengan sesi praktik lapangan yang terdiri dari demonstrasi oleh pembicara dan praktik penyuntikan vaksin kepada puyuh oleh peserta. Pembicara menjelaskan proses cara pencampuran vaksin sesuai dosis, yaitu 0,1 cc untuk Day One Chicken (DOC). Kemudian, dijelaskan juga tata cara penyuntikan vaksin yaitu melalui subkutan. Selain vaksinasi suntik melalui subkutan, peserta dijelaskan mekanisme vaksin tetes mata dan tata cara pengambilan darah pada puyuh di bagian sayap. Pada sesi ini, semua peserta dapat melakukan praktik penyuntikan vaksin pada puyuh dalam kelompok-kelompok kecil yang telah ditentukan oleh panitia. Setelah semua rangkaian acara Poultry Day 2024 selesai, kegiatan diakhiri dengan dokumentasi, yaitu foto bersama antara pembicara, peserta, dan panitia.

 

Kegiatan Poultry Day selaras mendukung nilai-nilai SGDs (Sustainable Development Goals) pada poin 3,4, 10, dan 15 yaitu kesehatan yang baik dan kesejahteraan dengan cara meningkatkan kesejahteraan manusia melalui kesehatan hewan, pendidikan berkualitas dengan cara pemberian edukasi dan pengetahuan mengenai vaksinasi pada unggas, berkurangnya kesenjangan karena Poultry Day dibuka untuk seluruh Keluarga Mahasiswa FKH UGM.

Penulis: Rayhan Farel Ramadhani