Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara FKH UGM dengan PT. Kulaku Digitech International dalam Pengembangan Teknologi Extended Reality (eXR) Anatomy

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Kerja sama antara FKH UGM dengan PT. Kulaku Digitech International dalam pengembangan materi pembelajaran anatomi hewan berbasis teknologi Extended Reality (eXR) Anatomy, ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) pada tanggal 28 Februari 2024.

Teknologi eXR anatomy merupakan teknologi virtual 5 dimensi yang penerapannya dapat menggantikan hewan coba untuk pendidikan dan continuing education. Teknologi ini memungkinkan terwujudnya pengalaman interaktif dan menarik yang mengintegrasikan elemen virtual dengan dunia nyata, sehingga mahasiswa dan praktisi dokter hewan dapat berinteraksi dan memanipulasi konten digital dalam lingkungan fisik mereka.

Penggunaan teknologi ini dimaksudkan untuk menggantikan metode pembelajaran anatomi hewan yang selama ini diterapkan, yaitu penggunaan kadaver hewan yang telah diawetkan dengan formalin dan metode pembekuan.

Diharapkan kerja sama antara FKH UGM dengan PT. Kulaku Digitech International yang mendalami bidang kerja ekonomi kreatif, pembuatan aplikasi, pembuatan sistem, AR, VR, dan XR dapat menjadi wadah dalam penyediaan modul anatomi yang sempurna. Kerja sama ini juga mendukung ketercapaian Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya dalam bidang pendidikan berkualitas dan kemitraan untuk mencapai tujuan.