HSTP: Essay Competition 2022

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Himpunan Studi Ternak Produktif (HSTP) telah melaksanakan kegiatan HSTP Essay Competition (HEPCOM) 2022 yang dilaksanakan dalam rentang waktu 15 Oktober 2022 sampai dengan 30 November 2022 secara daring. HEPCOM merupakan program kerja baru dari Biro Penelitian dan Pengembangan yang pada pelaksanaannya tahun ini mengangkat tema “Optimalisasi Strategi dalam Peternakan untuk Ketahanan Pangan di Era Society 5.0”. Tujuan diadakannya acara HEPCOM 2022 ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, mengembangkan kemampuan kepenulisan, mengembangkan ide kreatif dan inovatif khususnya dalam bidang veteriner, serta menambah pengetahuan mengenai penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak. Acara HEPCOM 2022 ini meliputi perlombaan kepenulisan esai yang diikuti oleh 185 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Gambar 1. Publikasi lomba melalui poster

Acara HEPCOM 2022 berlangsung secara daring yang terbagi menjadi 3 sesi, yaitu sesi pengumpulan karya yang dilaksanakan paling lambat pada 10 November 2022, sesi penjurian pada tanggal 14-24 November 2022, dan sesi pengumuman pemenang melalui sosial media HSTP pada 30 November 2022. Penjurian dilakukan dengan empat aspek penilaian yaitu kesesuaian dengan tema, kerangka dan penggunaan bahasa, ketajaman gagasan, dan kebermanfaatan dan pengaplikasian. HEPCOM berakhir dengan tiga juara. Juara pertama diraih oleh Agnipriska Virdana Yupal dan tim dengan judul esai “Akselerasi dalam Mencapai Ketahanan Pangan dan Stabilitas Ekonomi melalui Ekosistem Agrosilvopasturia di Era Society 5.0”, juara kedua diraih oleh Alifa Shafa Salsabila dan tim dengan judul esai “Edible Film Berbasis Gelatin Limbah Tulang Ayam Guna Menyongsong Lumbung Pangan Dunia 2045”, serta juara ketiga diraih oleh Siti Salbiah Ristumanda dan tim dari dengan judul esai “Rancangan Maggot.Go: Platform Aplikasi Pengelola Sampah Organik untuk Mendukung Strategi Peternakan di Era Society 5.0”.

Gambar 2. Pengumuman pemenang HSTP Essay Competition melalui platform instagram

Diharapkan dengan dilaksanakannya HEPCOM 2022 ini, minat mahasiswa dalam dunia kepenulisan semakin meningkat, dapat mengasah kemampuan berkompetisi di bidang akademik, serta meningkatkan inovasi mahasiswa dalam menciptakan metode baru dalam mengatasi permasalahan di bidang veteriner.