KELOMPOK DISKUSI KLINIK 2022

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Kelompok Diskusi Klinik (KODIK) merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh KSHK FKH UGM yang bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa terkait client education dan memberi ruang bagi mahasiswa untuk menambah ilmu dasar klinik. KODIK diadakan sebanyak tiga kali dalam satu periode 2022/2023.

KODIK I diadakan pada tanggal 20 Mei 2022 secara online melalui platform zoom meeting dengan tema “Maintenance and Management of Pet Hedgehogs”. Pembicara pada KODIK I adalah drh. Antonia Agnes Sri Budiastri Cahyaningtyas, DVM. Pembicara menyampaikan materi mengenai manajemen pemeliharaan landak mini sebagai hewan peliharaan. Secara umum, pembicara memaparkan mengenai taksonomi, anatomi, jenis-jenis, nutrisi, manajemen kandang, dan penyakit pada landak mini. Setelah pemaparan materi oleh pembicara, terdapat sesi tanya jawab. Satu penanya terbaik mendapatkan hadiah berupa uang sebesar Rp25.000,00. Selanjutnya, terdapat sesi kuis melalui website Kahoot!. Pemenang kuis sebanyak dua orang memperoleh hadiah berupa uang sebesar Rp25.000,00. Setelah mengikuti acara ini, peserta diharapkan agar dapat memahami materi yang telah disampaikan oleh pembicara dan dapat menambah ilmu pengetahuan serta wawasannya.

Gambar 1. Pemaparan materi KODIK I oleh drh. Antonia Agnes Sri Budiastri Cahyaningtyas, DVM

KODIK II dilaksanakan pada tanggal 16 oktober 2022 dengan tema “Pengenalan Fraktur dan Pembacaan X-Ray pada Anjing dan Kucing”.  Pembicara pada KODIK II adalah drh. Mulya Fitranda. AR. Pembicara memaparkan materi mengenai pengenalan, prinsip, jenis, dan posisi rontgen atau x-ray, jenis-jenis dan cara x-ray pada kasus fraktur, cara pembacaan hasil x-ray, serta contoh kasus. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan tiga penanya terbaik yang masing-masing mendapatkan hadiah berupa notebook dan pulpen. Kemudian, sesi hands on dibagi menjadi lima kelompok dengan setiap kelompok dibimbing oleh seorang trainer dari mahasiswa PPDH FKH UGM. Adanya sesi hands on diharapkan agar peserta dapat lebih memahami dan mempraktikkan secara langsung mengenai materi yang telah dipaparkan oleh pembicara. Acara diakhiri dengan sesi penyerahan plakat dan sertifikat kepada pembicara, sertifikat kepada para trainer, dan hadiah kepada pemenang penanya terbaik.

Gambar 2. Pemaparan materi KODIK II oleh drh. Mulya Fitranda. AR.

KODIK III dilaksanakan pada tanggal 6 November 2022 dengan tema “Emergency and Critical Care for Cat and Dog in Clinic”. Pembicara KODIK III adalah drh. Shabrina Riztia K., M. Sc. Pembicara menyampaikan materi mengenai penanganan gawat darurat, pemeriksaan dan evaluasi kondisi hewan, jenis-jenis luka, peralatan menjahit luka, jenis-jenis jahitan luka, dan teknik menjahit luka. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan sesi kuis. Tiga pemenang kuis mendapatkan hadiah berupa notebook dan penggaris. Selanjutnya, diikuti dengan sesi penyerahan plakat dan sertifikat kepada pembicara dan sesi dokumentasi. Sesi hands on cara menjahit luka pada media kanebo terbagi menjadi lima kelompok dengan masing-masing kelompok dibimbing oleh seorang trainer dari mahasiswa PPDH FKH UGM. Dengan diadakannya sesi pemaparan materi oleh pembicara dan sesi hands on oleh trainer, peserta diharapkan mampu memahami materi yang telah disampaikan oleh pembicara dan mempraktikkan secara langsung beberapa teknik menjahit luka. Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada para trainer dan hadiah kepada pemenang kuis.

Gambar 3. Pemaparan materi KODIK III oleh drh. Shabrina Riztia K., M. Sc